Breaking News

Anggota Komisi III Sebut Cawe-cawe Presiden Jokowi Adalah Kejahatan, Beberkan Tindakan Jegal Capres dari Kubu Oposisi


Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman, mengomentari perihal cawe-cawe yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pencalonan presiden.

Baru-baru ini Presiden Jokowi mengatakan dirinya tetap akan cawe-cawe terhadap urusan pencalonan presiden dalam makna positif. "Demi bangsa dan negara saya akan cawe-cawe, tentu saja dalam arti yang positif," ucap Jokowi di Istana Negara, Senin (29/5/2023).

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi sejumlah media serta content creator seperti Akbar Faisal, Helmy Yahya, dan Arie Putra. Jokowi menegaskan cawe-cawe yang dimaksudnya tentu masih dalam koridor aturan.

Jokowi menegaskan dirinya tidak akan melanggar Undang-undang ataupun mengotori demokrasi. Alasannya cawe-cawe terkai pencalonan presiden karena kepentingan penentuan Indonesia menjadi negara maju hanya tersisa waktu 13 tahun ke depan.

Menanggapi hal tersebut, Benny menegaskan dirinya tidak mempermasalahkan jika Presiden Jokowi memiliki preferensi untuk Pilpres 2024 mendatang.

Namun, presiden diharapkan tidak melakukan cawe-cawe dengan memanfaatkan perangkat negara yang dikuasai.

“Ini yg saya sampaikan sebelumnya. Silahkan saja Presiden Jokowi punya preferensi utk Pilpres 2024. Namun jangan pernah cawe2, jangan pernah mobilisasi TNI, POLRI, BIN, KPU, ASN, Kepala Daerah, dan pengusaha,” ujar Benny, dikutip Suara Liberte dari akun Twitter pribadi pada Senin (5/6/2023).

Elit Partai Demokrat itu juga berharap presiden tidak melakukan abusing power dengan memperalat kejaksaan, KPK, MA, MK, dan para pembantunya di kabinet untuk mengganggu kubu oposisi dan calon presidennya.

Menurutnya, hal tersebut tidak etis dan termasuk ke dalam jenis bentuk kejahatan demokrasi. Sebaiknya biarkan rakyat menentukan sosok pemimpinnya di masa mendatang.

“Bukan saja tidak etis namun ini adalah bentuk kejahatan demokrasi yg tidak patut terjadi di negeri Pancasila. Biarlah rakyat menentukan pemimpinnya, kewajiban presiden adalah menjaga dn menciptakan iklim yg sehat agar pilihan rakyat dilakukan secara bebas dn rahasia. Vox Populi,Vox Dei,” ujar Benny.

Sumber: suara
Foto: Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman/Net
Anggota Komisi III Sebut Cawe-cawe Presiden Jokowi Adalah Kejahatan, Beberkan Tindakan Jegal Capres dari Kubu Oposisi Anggota Komisi III Sebut Cawe-cawe Presiden Jokowi Adalah Kejahatan, Beberkan Tindakan Jegal Capres dari Kubu Oposisi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar