Breaking News

Terungkap! Tito Karnavian Bongkar Pemasok Senjata KKB Teroris di Papua


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, ada beberapa sumber pasokan dan amunisi senjata milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) teroris di Papua.

Mantan Kapolda Papua ini menjelaskan, bahwa pasokan senjata api ilegal yang masuk ke wilayah Papua melewati jalan tikus perbatasan Papua-Papua Nugini.

"Saya pernah jadi Kapolda di sana (Papua), setahu saya ada beberapa kasus tapi tidak banyak," ujar Tito dilansir Antara, Kamis (25/5/2023).

Senjata itu kata Tito, bisa masuk melalui jalur-jalur darat, menyebar dari perbatasan di wilayah Jayapura hingga Merauke. Kendati demikian, kasus senjata ilegal yang masuk melalui jalan tikus pada perbatasan Papua-PNG dinilai tidak banyak.

Menurut dia, senjata ilegal itu juga merupakan hasil perampasan usai tembak menembak antara kelompok bersenjata Papua dengan aparat keamanan.

"Sebagian besar senjata-senjata itu adalah senjata rampasan dari aparat yang lengah," katanya.

Tidak hanya itu, sambung Tito, senjata ilegal yang digunakan oleh KKB Teroris berasal dari daerah yang pernah berkonflik, seperti Konflik Ambon Bersenjata. Sebab, senjata yang tersisa usai konflik dijual kembali.

"Senjata-senjata itu banyak yang sudah selesai konflik. Ini kan masih disimpan, itu dijual oleh yang berkonflik," tutur Tito.

Tito menambahkan, Filipina adalah salah satu pemasok utama senjata api yang digunakan oleh KKB. Adapun negara yang berbatasan langsung dengan Pulau Miangas, Sulawesi Utara itu memang terkenal memiliki home industry senjata dengan kualitas bagus.

"Itu ada yang masuk lewat jalur-jalur laut, ada juga yang melalui jalur udara. Kan ada pilot yang ditangkap itu," pungkasnya.

Sumber: okezone
Foto: KKB Teroris di Papua/Net
Terungkap! Tito Karnavian Bongkar Pemasok Senjata KKB Teroris di Papua Terungkap! Tito Karnavian Bongkar Pemasok Senjata KKB Teroris di Papua Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar