Breaking News

Laporkan Aksi Kepala Desa di Brebes Dukung Ganjar, Relawan Anies Tuntut Bawaslu Tindak Tegas


Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dituntut untuk menindak tegas aksi puluhan kepala desa di Brebes yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, capres yang diusung PDIP.

Karena tindakan aparat desa yang dilakukan di Kantor Kepala Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah pada Rabu, 10 Mei 2023 lalu ini melanggar UU yang melarang kepala desa dan perangkat desa untuk berpolitik praktis.

Desakan tersebut disampaikan Ketua Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) Brebes, Arief Jauhari, setelah melaporkan aksi para kepala desa tersebut ke Bawaslu Brebes kemarin, Rabu, 17 Mei 2023.

Arief Jauhari mendatangi Bawaslu Brebes bersama sejumlah relawan Anies dari berbagai simpul lainnya seperti Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Jawa Tengah, SKI Brebes, dan Alsmansa Pro Anies.

Pihaknya melaporkan kasus tersebut untuk memastikan agar kepala desa netral dalam setiap proses pemilihan umum. Hal ini juga agar terwujud pemilu yang berintegritas, demokratis, jujur, dan adil.

“Kami berharap pelaporan ini dapat mencegah penyalahgunaan kekuasaan dan sumber daya publik untuk kepentingan politik tertentu,” jelas Arief Jauhari dalam keterangannya kepada KBA News, Kamis, 18 Mei 2023.

Arief meminta seluruh relawan Anies, para aktivis demokrasi, dan masyarakat secara umum untuk ikut mengawal penanganan kasus tersebut oleh Bawaslu. Bawaslu juga, katanya lagi, diminta untuk mengambil tindakan yang tegas, adil, dan transparan dalam menangani laporan mereka.

“Ini untuk memastikan tegaknya aturan hukum dan menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilihan yang demokratis,” pungkas Arief.

Sementara itu Bawaslu memastikan akan menindaklanjuti. Bahkan Ketua Bawaslu Brebes, Wakro, mengklaim pihaknya sudah melakukan pendalaman sebelum relawan Anies melaporkannya.

“Sebelum ada pelaporan, kami sebenarnya sudah mendalami, apakah yang viral di media itu benar adanya atau hanya hoax. Setelah ditelusuri, ternyata memang benar ada aksi itu,” ungkap Wakro.

Dari investigasi pihak Bawaslu, diperoleh keterangan bahwa para kades yang terlibat aksi seperti dalam tayangan video mengakui adanya kegiatan tersebut. Karenanya Bawaslu terus mengumpulkan bukti dan saksi untuk dijadikan bahan rapat pleno terkait masalah tersebut.

“Yang jelas, kami akan tindaklanjuti. Sekarang masih terus mengumpulkan bukti dan saksi untuk dibawa dalam rapat pleno Bawaslu,” tandasnya.


Sebelumnya, beredar video berisi para kades di Brebes melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo. Mereka tampak membentangkan spanduk bertuliskan “PEMBENTUKAN TIM DES GANJAR KAB. BREBES TINGKAT KESCEMATAN DAN TINGKAT DESA”, lengkap dengan foto capres PDIP tersebut.

Tak hanya itu, para kepala desa ini kemudian bersama-sama meneriakan yel yel menyatakan dukungan terhadap mantan Gubernur Jawa Tengah teresbut sebagai capres.

Deklarasi diketahui dilakukan para kepala desa usai acara halalbihalal di Kantor Kepala Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang, Brebes, Rabu, 10 Mei 2023 lalu.

Sumber: kbanews
Foto: Ketua ANIES Brebes Arief Jauhari (kiri) bersama sejumlah relawan melaporkan aksi kepala desa dukung Ganjar ke Bawaslu Brebes kemarin.
Laporkan Aksi Kepala Desa di Brebes Dukung Ganjar, Relawan Anies Tuntut Bawaslu Tindak Tegas Laporkan Aksi Kepala Desa di Brebes Dukung Ganjar, Relawan Anies Tuntut Bawaslu Tindak Tegas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar