Breaking News

Jangan Cuma Jadi Ban Serep, Wapres 2024 Harus Seperti Bung Hatta


Tak hanya Presiden, Wakil Presiden (Wapres) juga memiliki peran yang sangat penting dalam pemerintahan. Sayangnya, posisi Wapres ini kerap dipandang sebagai "Ban Serep".

Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah, berharap calon wakil presiden mendatang jangan cuma dijadikan alat untuk memperkuat elektabilitas dan popularitas calon presiden saja.

"Posisi wakil presiden nyaris tidak ada fungsinya atau difungsikan,” kata Fahri seperti dikutip Redaksi melalui keterangan resminya, Jumat (18/5).

Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini menilai, sulitnya mencari figur calon wakil presiden yang kuat merupakan bagian dari krisis kepemimpinan selama ini.

Untuk menghadapi krisis saat ini, lanjut Fahri, diperlukan sosok wapres seperti Muhammad Hatta (Bung Hatta).

“Pada awalnya Bung Hatta diletakkan secara simbolik, tetapi kehadirannya di samping Bung Karno (Soekarno) telah membawa inspirasi kepada kita," jelasnya.

"Bung Hatta itu seorang intelektual besar, ilmuwan, paham tentang negara, dan juga seorang ekonom yang telah meletakkan fondasi bagi perekonomian nasional. Itu bentuk fungsi representasi simbolis yang luar biasa dari seorang wakil presiden,” demikian Fahri Hamzah.

Sumber: rmol
Foto: Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah/Ist
Jangan Cuma Jadi Ban Serep, Wapres 2024 Harus Seperti Bung Hatta Jangan Cuma Jadi Ban Serep, Wapres 2024 Harus Seperti Bung Hatta Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar