Breaking News

Fakta Baru! Panji Gumilang Ternyata Punya Usaha Galangan Kapal Terbesar di Indramayu, Sejak Kapan?


Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu disebut-sebut memiliki usaha lain selain dibidang pendidikan agama.

Usut punya usut, Panji Gumilang baru-bari ini dikabarkan memiliki usaha baru yakni galangan kapal.

Lokasi galangan kapal itu, berada di Jalan Kertawinangun Blok Cibiuk Desa Eretan Kulon, Kecamatan  Kandanghaur, Indramayu.

Dikutip dari Radar Cirebon, Ahad 21 Mei 2023, Usaha galangan kapal ini disebut adalah cita-cita yang terwujud Panji Gumilang sejak dahulu.

"Life is begin at 70," demikian tertulis dalam kutipan berita yang mana menerangkan bahwa diusia ke 70 Panji Gumilang bisa mewujudkan mimpinya mendirikan usaha galangan kapal tersebut.

Panji Gumilang mengatakan, usaha galangan kapal ini, bernaung di bawah PT Pelabuhan Samudra Biru Mangun Kencana yang dikomandoi langsung oleh Panji Gumilang.

"Progres pembangunan galangan kapal pada bulan September mendatang sudah masuk 1,5 tahun," ujar Panji Gumilang saat berkunjung ke galangan kapal.

Galangan Kapal milik Panji Gumilang di Indramayu-Istimewa-radarcirebon

Menurut Panji Gumilang, progres pembangunan galangan kapal ini terbilang cepat karena didukung peralatan crane 5 ton dan perangkat lainnya sebagai penunjang.

"Semuanya ini kami kerjakan sendiri, sampai pasang fiber. Desain kita kerjakan sendiri. Justru yang punya tamatan sekolah pelayaran belum pernah membuat (kapal)," ujarnya.

Panji Gumilang menambahkan, pembangunan galangan kapal di Indramayu sebenarnya telah ada sejak awal dirinya membangun Ponpes Al Zaytun.

Diketahui, mimpi dan cita-cita Panji Gumilang mendirikan galangan kapal tersebut rupanya sejak dirinya mendirikan Ponpes Al Zaitun pada  tahun 1998 silam.

Artinya, telah lebih kurang 25 tahun usaha galangan kapal tersebut terwujudkan dan saat ini sedang dalam membangun 2 kapal nelayan berukuran 600 gross ton (GT).

Pembangunan galangan kapal nelayan ini disebut merupakan kapal nelayan terbesar yang pernah diproduksi di Indramayu, yang pada umumnya hanya berukuran 300 GT saja.

Selain galangan kapal dan Ponpes, Panji Gumilang mengaku bahwa saat ini sedang membangun pusat perikanan di kota Indramayu Jawa Barat.

Adapun lahan yang disiapkan untuk membangunkan pusat perikanan tersebut mencapai 350 hektar, dan sekarang telah dalam tahap pembebasan lahan lebih kurang 75 persennya.

"Kita beli secara bertahap, ada yang jual kita beli. Terus seperti itu," ungkapnya

Panji Gumilang akhir-akhir ini menjadi sorotan publik, lantaran sering membuat kontroversi mulai dari dikaitkan dengan NII, kasus pelecehan seksual, shaf jamaah perempuan pada sholat Id, mazhab Sukarno, hingga kasus salam Yahudi.

Sumber: disway
Foto: Dahlan Iskan melihat galangan kapal Syekh Panji Gumilang--
Fakta Baru! Panji Gumilang Ternyata Punya Usaha Galangan Kapal Terbesar di Indramayu, Sejak Kapan? Fakta Baru! Panji Gumilang Ternyata Punya Usaha Galangan Kapal Terbesar di Indramayu, Sejak Kapan? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar