Breaking News

Wakil Ketua KPU Myanmar Ditembak Mati, Pelaku dari Pemberontak?


Wakil ketua komisi pemilu Myanmar ditembak mati di Yangon pada Sabtu. Seperti dilansir Al Arabiya, militer Myanmar menuding kelompok sebagai pelakunya. Wakil ketua KPU Sai Kyaw Thu ditembak mati di kotapraja Thingangyun di Yangon timur, kata tim informasi militer dalam sebuah pernyataan.

Militer menuding "Pasukan Pertahanan Rakyat" anti-kudeta bertanggung jawab, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Serangan ini menjadi pembunuhan terakhir seorang tokoh terkenal yang terkait dengan junta negara itu.

Militer Myanmar telah memimpin penumpasan berdarah terhadap perbedaan pendapat, setelah merebut kekuasaan dalam kudeta lebih dari dua tahun lalu, memicu kerusuhan sosial dan krisis ekonomi.

“Pasukan Pertahanan Rakyat” sipil yang dideklarasikan sendiri bermunculan menentang junta, dengan pejuang mereka menargetkan pejabat yang dianggap bekerja dengan militer.

Militer menggulingkan pemerintahan terpilih pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada Februari 2021 atas tuduhan penipuan pemilih yang tidak berdasar dalam pemilihan tahun sebelumnya.

Ia telah menugaskan komisi pemilihan yang ditunjuk oleh junta untuk mengadakan pemungutan suara baru, yang menurut penentang militer tidak mungkin bebas atau adil.

Bulan lalu, komisi tersebut membubarkan partai Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi karena kegagalannya untuk mendaftar ulang di bawah aturan pemilu rancangan militer yang keras.

Partai utama yang didukung militer Myanmar, Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan, telah mendaftar, lapor media pemerintah pada Jumat. Kelompok itu dikalahkan oleh NLD Suu Kyi pada pemilu 1990, 2015, dan 2020.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak perebutan kekuasaan oleh militer, yang memicu pertempuran baru dengan pemberontak etnis dan melahirkan lusinan kelompok oposisi lain yang kini memerangi militer.

Di seluruh negeri, hampir setiap hari terjadi pembunuhan terhadap pejabat junta tingkat rendah atau tersangka informan, dengan detail yang tidak jelas dan pembalasan dari militer sering kali menyusul dengan cepat.

Pada April tahun lalu, wakil gubernur bank sentral Myanmar, yang diangkat oleh militer beberapa hari setelah merebut kekuasaan, ditembak oleh penyerang tak dikenal di rumahnya di Yangon.

Pada November 2021, seorang eksekutif puncak dari Mytel -- perusahaan telekomunikasi antara militer dan perusahaan Vietnam Viettel -- ditembak mati di luar rumahnya di Yangon.

Sumber: tempo
Foto: Min Aung Hlaing memberikan suaranya dalam pemilu Myanmar pada 8 November 2020. Selain kontroversinya terkait pelanggaran HAM, nama Aung Hlaing juga kerap terlibat dalam sejumlah dugaan tindakan korupsi terkait beberapa usaha keluarganya yang berpotensi memiliki konflik kepentingan. REUTERS/Thar Byaw/File Photo
Wakil Ketua KPU Myanmar Ditembak Mati, Pelaku dari Pemberontak? Wakil Ketua KPU Myanmar Ditembak Mati, Pelaku dari Pemberontak? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar