Breaking News

Viral! Mobil-mobil Mewah Diumpetin, Milik Pegawai Pajak Kah?


Kasus penganiyaan David oleh Mario Dandy Satriyo berujung pada pencopotan Rafael Alun Trisambodo dari Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Walau orang tua Mario Dandy Rafael Alun Trisambodo sudah minta maaf pada keluarga David, tetapi proses hukum tetap berlanjut.

Pada akhirnya ia mendapat undangan dari KPK untuk dimintai keterangan soal harta kekayaannya.

Salah satu harta kekayaan Rafael, yang disoroti publik adalah mobil Jeep Wrangler Rubicon yang digunakan Mario Dandy Satriyo dalam kasus penganiayaan David, putra Pengurus Pusat (PP) GP Anshor Jonathan Latumahina itu.

Bagaimana tidak disoroti, mobil Jeep Wrangler Rubicon dengan kisaran Rp800 jutaan hingga Rp 1,73 miliar itu rupanya tidak terdaftar di LHKPN.

Dampak dari kasus ini, warganet mewanti-wanti pejabat lainnya bakal menyembunyikan harta kekayaannya agar terhindar dari yang tidak ia inginkan dan juga untuk menyelamatkan jabatannya.

“Dampak dari kasus penganiayaan David, mobil-mobil mewah buru-buru diumpetin di properti kosong dan tersembunyi, plat nomor dicopot. Pada panik sembunyiin harta kekayaan untuk menyelamatkan jabatan,” tulis akun Twitter EQPuradiredja seperti dikutip Monitor Indonesia, Rabu (1/3).

Diakhir cuitan, ia menuliskan tanda pagar #kemeteriankeuangan #DirjenPajak #KPK_RI #SriMulyani #jokowidodo.

Cuitan ini pun ramai dikomentari warganet lainnya.

“Kaya Toyota Supra,” kata @A Riantoooo

“Deket jl. Riau Bogor ini kan yah??,” kata @boban420.

“Laporin aja ke polantas..dugaan mobil bodong..tp klo urusan sama polisi susah sih..pasti kalah sama yg berduit..,” ujar @katak_pohon.

“Pengawasan seperti ini maunya jangan cuma sewaktu kasus ini muncul, terus dilakukan setiap saat. Pejabat yg pamer kemewahan sah aja, asal begitu diminta pertanggungjawaban, bisa membuktikan,” ungkap @bascolia.

“Ini di Jl. Riau, Baranang siang, bogor, bukanny memang bekas bengkel ya tempat itu?,” beber @GenZ3T.

Tak sampai disitu, salah satu pengguna Twitter turut memposting mobil mewah berwarna putih diduga juga sembunyikan.

“Baru tahu kah hidden gem banh?,” komentar @dowyox.
“Ya hrs ada pemeriksaan soal kekayaan, hasilnya dpt darimana. Kalau korupsi ya pecat & kasih hukuman, tapi kalau emang gak salah dan hasilnya halal, ngapain takut segala,” komentar @RaihanAlthafFi1.

Sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo juga disebut netizen menyembunyikan mobil mewah di kost-kostan Jakarta Barat.

“Oia @Ditjen PajakRI Bokapnya Rafael punya hilux jg, tp diumpetin di kost Srengseng Jak-Bar, lokasinya cari tau sendiri yah…” tulis postingan akun Twitter @logikapolitikid.

Akun Twitter @logikapolitikid juga mengemukakan, Rafael Alun Trisambodo memiliki rumah kost mewah M-One di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu, beberapa motor gede (moge) seperti Triump dan Harley Davidson disembunyikan di rumah mewah Rafael yang ada di Yogyakarta.
Yang semuanya itu tidak tercatat pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK.

Akun Twitter tersebut juga mengungkap Rafael Alun Trisambodo memiliki rumah mewah, Ruko, mobil, motor gede, dan sejumlah aset berharga lainnya.

Bedasarkan postingan akun Twitter itu disebutkan bila mantan Kepala Bagian Umum Ditjen Pajak Kanwil Jakarta Selatan tersebut memiliki rumah mewah di Greenhill Manado.

Kemudian, orang tua dari Mario Dandy itu juga disebutkan memiliki Ruko di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Merujuk dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari laman resmi KPK, di tahun 2021, Rafael Alun Trisambodo memiliki harta kekayaan sebesar Rp56,10 miliar.

Jumlah harta kekayaan tersebut terdiri dari 11 bidang tanah dan bangunan senilai Rp51,93 miliar dan dua kendaraan berupa mobil Toyota Camry Sedan dan Toyota Kijang senilai Rp425 juta.

Moge Harley Davidson yang sering dipamerkan anaknya pun tak tercatat dalam LHKPN tersebut.

Selain itu, Rafael Alun Trisambodo juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp420 juta, harta berupa surat berharga senilai Rp1,55 miliar, harta berupa kas dan setara kas senilai Rp1,34 miliar, serta harta lainnya senilai Rp419,04 juta.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya indikasi pencucian uang oleh Rafael Alun Trisambodo. PPATK menyatakan telah melaporkan temuan tersebut ke KPK, Inspektorat Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung.

Sumber: monitor
Foto: Mobil mewah diduga diumpetin (Foto: MI-Aswan/Repro Twitter)
Viral! Mobil-mobil Mewah Diumpetin, Milik Pegawai Pajak Kah? Viral! Mobil-mobil Mewah Diumpetin, Milik Pegawai Pajak Kah? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar