Breaking News

Teka-teki Siapa Sosok Menko yang Disebut Anies Baswedan Ingin Ubah Konstitusi


Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengungkap ada menteri koordinator (menko) yang ingin mengubah konstitusi Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam acara 'Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Tokoh KAHMI' yang digelar KAHMI Jaya di Ancol, Jakarta pada Kamis (16/3) malam.

Bahkan, Anies mengatakan ada banyak pihak yang mendukung Menko itu untuk mengubah konstitusi. Lantas siapa sosok Menko yang disebut Anies ingin mengubah konstitusi tersebut?

Menko yang Mau Ubah Konstitusi Bilang Terang-Terangan

Anies Baswedan mengaku tak bisa membayangkan petinggi negeri itu mengatakan ingin mengubah konstitusi secara terang-terangan. Dia menilai bila ada pendapat kontroversial seperti itu pasti diutarakan di ruang tertutup.

"Kok ada orang yang dalam posisi kunci, posisi kunci nih, Menko, mengatakan mengubah konstitusi dengan jumlah orang seberapa banyak yang mau mendukung," kata Anies.

Harus Dilawan

Menurut Anies, kondisi seperti itu bukan menunjukkan kualitas demokrasi Indonesia yang mengalami penurunan. Namun, kondisi itu terjadi ketika orang yang tidak punya komitmen terhadap demokrasi makin berani mengutarakan pikirannya secara terbuka.

"Ini bukan menurun kualitas demokrasi, tapi orang yang tidak komit pada demokrasi makin berani ungkapkan pikirannya terbuka. Ini yang harus dilawan. Kenapa? Ini bukan melawan orang tapi menyelamatkan semangat reformasi yang kita lakukan tahun 1998," ujar Anies.

Daftar Menko di Kabinet Indonesia Maju

Anies menilai harusnya aturan main yang telah dibuat harus dihormati dan dijaga. Bila kondisi dapat dijaga, dia optimistis bisa lebih baik ke depannya.

Walau begitu, Anies enggan menyebut Menko siapa yang disinggungnya itu. "Ya sudah yang saya katakan tadi itu," ujarnya mengelak memberikan jawaban ketika ditanya awak media usai acara.

Sebagai informasi, ada 4 Menko dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf:

1. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yakni Airlangga Hartarto
2. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yakni Mahfud MD
3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yakni Luhut Binsar Panjaitan
4. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yakni Muhadjir Effendy

Lantas siapa Menko yang terang-terangan mau mengubah konstitusi yang dimaksud Anies?

Sumber: suara
Foto: Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan/Net
Teka-teki Siapa Sosok Menko yang Disebut Anies Baswedan Ingin Ubah Konstitusi Teka-teki Siapa Sosok Menko yang Disebut Anies Baswedan Ingin Ubah Konstitusi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar