Breaking News

Serangan Bunuh Diri Tewaskan Gubernur Taliban di Kantornya, ISIS Klaim Bertanggung Jawab


Gubernur Taliban Mohammad Dawood Muzammil dilaporkan tewas dalam serangan bunuh diri yang diklaim dilakukan oleh kelompok Negara Islam (ISIS atau IS) di provinsi Balkh utara Afghanistan.

Muzammil dibunuh di kantornya di ibu kota provinsi, Mazar-e Sharif, pada Kamis (9/3/2023).
Muzammil diketahui telah memimpin perang melawan ISIS dalam jabatan sebelumnya sebagai gubernur provinsi timur Nangarhar. Dia dipindahkan ke Balkh pada Oktober tahun lalu.

Dia adalah pejabat Taliban paling senior yang terbunuh sejak militan kembali berkuasa pada 2021.

Kekerasan sejak itu menurun tajam, tetapi tokoh-tokoh pro-Taliban telah menjadi sasaran ISIS.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan di Twitter bahwa gubernur telah "mati syahid dalam ledakan oleh musuh-musuh Islam".

Juru bicara kepolisian Balkh Mohammed Asif Waziri mengatakan ledakan itu terjadi pada Kamis (9/3/2023) pagi di lantai dua kantor gubernur.

"Ada ledakan. Saya jatuh ke tanah," kata Khairuddin, yang terluka akibat ledakan itu, kepada kantor berita AFP. Dia mengatakan dia telah melihat seorang teman kehilangan tangan dalam ledakan itu.

Kemudian pada Kamis (9/3/2023), IS mengatakan salah satu tentaranya berhasil memasuki gedung dan meledakkan sabuk bunuh dirinya. Beberapa penjaga keamanan juga tewas dalam ledakan itu.
Sehari sebelumnya otoritas Taliban provinsi mengatakan mereka telah membunuh delapan "pemberontak dan penculik" di Mazar-e Sharif.

Seperti diketahui, Taliban digulingkan sebagai penguasa Afghanistan pada 2001, lalu kelompok Islam militan itu kembali berkuasa pada Agustus 2021 setelah pasukan pimpinan AS ditarik keluar.

Serangkaian ledakan bom mematikan sejak itu terutama menargetkan masjid dan komunitas minoritas, banyak yang diklaim oleh afiliasi regional dari kelompok militan Negara Islam (IS-K), yang merupakan saingan berat dari Taliban.

Sumber: okezone
Foto: Gubernur Taliban tewas dibunuh di kantornya (Foto: Taliban)
Serangan Bunuh Diri Tewaskan Gubernur Taliban di Kantornya, ISIS Klaim Bertanggung Jawab Serangan Bunuh Diri Tewaskan Gubernur Taliban di Kantornya, ISIS Klaim Bertanggung Jawab Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar