Breaking News

Punya Konsultan Pajak Private, PPATK Ungkap Indikasi Pencucian Uang Rafael Alun


Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap adanya indikasi tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo.

PPATK mengungkap laporan aset Rafael telah dilakukan sejak lama kepada KPK, Kejagung dan Kemenkeu, jauh sebelum kasus penganiayaan yang dilakukan anak Rafael Alun, Mario Dandy.

Terbaru, PPATK lakukan pemblokiran terhadap nomor rekening terkait kasus Rafael.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan nomor rekening yang diblokir pihaknya milik konsultan pajak yang diduga bekerja untuk Rafael.

“Iya ada,” kata Ivan pada Jumat (3/3/2023).

Konsultan pajak itu, kata Ivan, diduga berperan sebagai nominee dalam mengurus aset kekayaan Rafael Alun.

“Diduga sebagai nominee RAT (Rafael Alun Trisambodo) serta beberapa pihak terkait lainnya,” katanya.

Rekening Miliaran Diblokir

PPATK belum menjelaskan berapa rekening yang berkaitan dengan Rafael Alun yang telah diblokir. Dia menyebut jumlah rekening yang akan diblokir terus berkembang.

“Berkembang terus ya. Untuk jumlah belum bisa saya sampaikan,” katanya.

Namun, dari temuan awal PPATK menduga ada peran pencuci uang profesional yang selama ini bekerja untuk kepentingan Rafael Alun.

“Kita mensinyalir ada PML (professional money launderer) yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT,” tutur Ivan.

Selain itu Ivan menyebut jumlah uang yang terdapat pada rekening konsultan pajak Rafael Alun yang telah diblokir pihaknya bernilai signifikan.

“Signifikan. Dan terus kami dalami,” kata Ivan.

Ivan belum memerinci kisaran uang di rekening konsultan pajak Rafael Alun tersebut. Dia menyebut jumlah uangnya sangat besar, berjumlah puluhan miliar.

“Ya, besar,” ucap Ivan.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan KPK tidak bisa serta merta langsung mengusut dugaan pencucian uang yang dilakukan Rafael.

KPK harus menemukan pidana awal berupa dugaan korupsi sebelum mengusut sebuah tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kalau KPK tidak bisa bawa kasus hanya TPPU. Jadi harus ada pidana korupsinya dulu baru ditambahkan TPPU-nya,” kata Pahala, Sabtu (4/3/2023).

KPK tengah mengusut indikasi adanya aliran gratifikasi hingga suap yang terdapat di aset milik Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy.

Sumber: pojoksatu
Foto: Rafael Alun Trisambodo/Net
Punya Konsultan Pajak Private, PPATK Ungkap Indikasi Pencucian Uang Rafael Alun Punya Konsultan Pajak Private, PPATK Ungkap Indikasi Pencucian Uang Rafael Alun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar