Breaking News

Komentar Influencer Usai Diajak Sri Mulyani Makan Malam dan Bahas Isu Perpajakan


Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan para influencer serta pegiat seni dan olahraga di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (17/3). Mereka berdiskusi mengenai isu-isu aktual terkait perpajakan mulai pukul 19.30 sampai 23.00 WIB.

Beberapa influencer mengunggah komentarnya usai pertemuan tersebut. Ada yang sekadar bertegur sapa dan ada juga yang mengunggah kembali apa yang disampaikan saat pertemuan dengan Sri Mulyani.

@wandaponika mengeluhkan apresiasi atau surat terima yang diberikan kepada pegawai pajak kalau targetnya tercapai. Namun, surat tersebut tidak diberikan ke Wajib Pajak.

"Mereka bisa capai target karena peran kita sebagai Wajib Pajak (WP). Walau surat/kartu terima kasihnya berupa template, WP tetap pantas dapat apresiasi, sekalipun WP kecil. Biar kita bisa bangga udah bayar pajak," tulis Wanda melalui akun Instagram @wandaponika, dikutip pada Minggu (19/3).

Wanda meminta WP tidak dicurigai seperti kriminal kalau belum membayar pajak. Sebab, kata Wanda, ada WP yang tidak tahu. Sehingga bisa lebih diedukasi lagi.

"Banyak yang belum paham apa gunanya pajak untuk kehidupan kita sehari-hari. Mungkin bisa diajarkan di sekolah ke anak-anak sejak dini," kata Wanda.

"Dan tentunya, kalau meminta WP bayar pajak dengan baik harus diawali dengan petugas pajak yang memberi teladan. Semoga pajak benar-benar dirasakan rakyat bukan masuk kantong koruptor," tambahnya.

Rudi Valinka melalui akun Instagram @tetapkurawa menyampaikan kondisi David Ozora yang dianiaya Mario Dandy. Mario merupakan anak eks pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo. Harta Rafael Alun kemudian menjadi sorotan usai kasus penganiayaan tersebut.

"Semoga saluran komunikasi yang baik ini bisa terjalin dengan baik ke depannya dan kita berharap RAT (tikus-tikus) lainnya yang sudah berbuat nista dan mencederai institusi bisa dibasmi segera," tulis @tetapkurawa.

Sementara itu, @dr.tirta hanya menyampaikan apresiasinya usai pertemuan tersebut. Ia berharap UMKM semakin baik.

"Diskusi perpajakan dan materi finance. UMKM jaya jos! Suwun Bu Menteri @smindrawati dan pak @prastowoyustinus," tulis @dr.tirta.

@babecabiita juga hanya menyampaikan terima kasihnya melalui unggahan Instagram. Ia menuliskan tanda perkenalannya dengan Menkeu Sri Mulyani.

Sedangkan, @deelestari menyoroti isu royalti di PPh 23 yang sebelumnya dipatok 23 persen. Ia tidak yakin angka tersebut bisa diubah. @deelestari sudah sering menyampaikan isu pajak tersebut, tetapi belum ada perubahan.

"Setelah makan, Ibu Sri Mulyani berbicara. Saya pun bersiap menyusun 'lagu lama' untuk dipaparkan. Tidak apa-apalah, pikir saya. Yang namanya perubahan birokratis pasti butuh waktu dan pengingat berulang," tulis @deelestari.

"Jadi, ketika kabar meluncur dari mulut Ibu Ani, yang lantas diamini oleh Dirjen Pajak, saya terenyak. PPh 23 diturunkan menjadi 6 persen efektif Kamis kemarin," tambahnya.

Selain influencer tersebut, beberapa yang juga diundang dalam pertemuan tersebut mulai dari Bintang Emon, Marcel Siahaan, Chandra Darusman, Felicia Tjiasaka, Richard Sam Bera, Guntur Romli, hingga Mazzini.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, mengungkapkan pertemuan tersebut berlangsung santai, hangat, dan akrab. Pertemuan itu dimaksudkan untuk mendapatkan masukan, pandangan, aspirasi, dan kritik dari publik. Diskusi ini menjadi satu rangkaian dengan pertemuan para tokoh anti korupsi sebelumnya.

Menurut Prastowo, Sri Mulyani juga menjelaskan komitmen Kemenkeu untuk melakukan bersih-bersih dan perbaikan baik dari sisi regulasi maupun penegakan integritas. Kemenkeu meminta dukungan seluruh masyarakat agar dapat terus menjalankan tugas dan fungsi dengan baik.

“Ibu Menkeu juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tulus untuk masukan-masukan ini. Sekaligus disampaikan adanya kebijakan baru penurunan tarif pemotongan PPh Pasal 23 atas royalti penulis atau pekerja seni dari 15 persen menjadi 6 persen,” tutur Prastowo.

Selain itu, kata Prastowo, ada relaksasi ketentuan exim dan kepabeanan terhadap barang pameran yang kerap dikeluhkan para pelaku usaha. Ia memastikan perbaikan-perbaikan akan terus dilakukan berdasarkan masukan publik.

Sumber: kumparan
Foto: Menkeu Sri Mulyani bertemu para influencers untuk membahas perpajakan terkini, Jumat (17/3) malam. Foto: Instagram/@deelestari 
Komentar Influencer Usai Diajak Sri Mulyani Makan Malam dan Bahas Isu Perpajakan Komentar Influencer Usai Diajak Sri Mulyani Makan Malam dan Bahas Isu Perpajakan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar