Breaking News

Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Maret, Andika Perkasa hingga Putri Akom Masuk Kabinet?


Isu reshuffle kabinet menyeruak jelang Rabu Pon—hari pasaran Jawa— pada 8 Maret 2023. Selain Menpora Zainudin Amali yang akan mundur, isu lain juga mengemuka.

Sumber kumparan menyebut, eks Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa jadi kandidat kuat pengganti Menkominfo Johnny G Plate. Plate di bulan sebelumnya sudah dikait-kaitkan akan 'masuk kotak'. Namun, hingga berita ini dirilis Plate masih aman.

Lantas, sejauh mana isu Andika Perkasa akan menjadi Menkominfo?

Anggota Komisi I DPR yang membidangi komunikasi dan pertahanan, Bobby Adhityo Rizaldi, menilai Andika memang punya kompetensi untuk masuk ke dalam kabinet.

"Tentu Pak Andika memiliki kapasitas untuk menjadi anggota kabinet, baik dari jejak rekam karier militer yang cemerlang sampai posisi puncak sebagai Panglima, dan juga latar belakang akademik yang mumpuni," ucap Bobby kepada kumparan, Senin (6/3).

"Tentu akan menjadi relevan bila beliau ditugaskan dalam formasi yang sesuai dengan pengalaman-pengalaman kepemimpinan leadership-nya," imbuhnya.

Namun terkait kepastian, tak ada yang tahu. Semua berpulang kepada Presiden Jokowi.

Sementara itu, anggota Komisi I DPR dari PDIP, TB Hasanuddin, mengaku belum menerima informasi seputar isu tersebut.

"Belum tahu. Silakan tanya ke sumbernya," elaknya.

Karier Andika di TNI terbilang gemilang. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya, mulai dari Komandan Paspampres, KSAD, hingga Panglima TNI.

Terkait bidang informasi, Andika juga pernah menjadi jubir TNI AD alias Kadispenad. Ia menjadi orang terdepan ketika isu-isu terkait TNI mengemuka.

Pengganti Menpora

Selain soal Andika, reshuffle kabinet yang diisukan pekan ini juga ramai membicarakan mundurnya Menpora Zainudin Amali. Amali berniat mundur karena lebih memilih menjadi Waketum PSSI. 

Namun, surat pengunduran diri Amali sampai berita ini dirilis belum sampai ke meja Jokowi. 

Zainudin Amali saat dikonfirmasi soal reshuffle bakal digelar Rabu lusa, mengaku belum mengetahui.

Sumber: kumparan
Foto: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Menkominfo Johnny G Plate berbincang tentang akses internet di pos pelayanan TNI di wilayah 3T (terluar, tertinggal, terdepan) di kantor Kominfo Jakarta pada 28 Desember 2021. Foto: Dok. Kominfo
Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Maret, Andika Perkasa hingga Putri Akom Masuk Kabinet? Isu Reshuffle Rabu Pon 8 Maret, Andika Perkasa hingga Putri Akom Masuk Kabinet? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar