Breaking News

Heboh Guru Honorer di Cirebon Dipecat Gegara Panggil Ridwan Kamil dengan Sebutan 'Maneh'


Nama Muhamad Sabil Fadhilah belakangan banyak disorot. Dirinya pertama kali viral lantaran mengomentari konten instagram milik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Komentar tersebut dianggap tidak layak karena menggunakan panggilan 'maneh' yang dalam bahasa sunda dinilai tidak sopan, terutama jika digunakan pada orang yang tidak dikenal.

"Maneh teh keur jadi gubernur Jabar ato kader partai ato pribadi? @ridwankamil???" tulis komentar Sabil Fadhilah..

Ridwan Kamil sendiri diketahui membalas komentar tersebut dengan panggilan yang sama, namun dirinya disinyalir menegur langsung ke institusi tempat Sabil bekerja sebagai seorang guru.

Menurut Ridwan Kamil, Sabil yang merupakan seorang guru tidak pantas berkomentar dengan bahasa demikian.

"Tidak pantas seorang guru spt itu" ujar Ridwan Kamil, yang diduga menyampaikan nasehatnya ke akun instagram SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon.

Pihak SMK Telkom Cirebon pun diketahui merespons dengan permintaan maaf, namun kemudian muncul kabar jika guru honorer yang bersangkutan dipecat.

Diberhentikan dan viral

Kabar mengenai pemberhentian Sabil awalnya disampaikan oleh seorang pria bernama Iman Zanatul Haeri, dengan akun @zanatul_91 di media sosial Twitter.

Dirinya mengunggah surat SK pemecatan Sabil, dan bertanya apakah Ridwan Kamil memengaruhi intervensi agar Sabil dipecat.

"Pak  @ridwankamil punten, apakah bapak melakukan intervensi atas pemecatan terhadap seorang guru hanya karena kritik bapak? 

Guru yang melanggar kode etik harusnya disidang oleh organisasi profesi. Bukan oleh yayasan. Apalagi gara2 dicolek kang emil."

Cuitan tersebut pun sontak menuai perhatian dan menjadi viral serta mengundang pro dan kontra. Banyak yang menilai jika pemecatan terhadap Sabil dianggap berlebihan. 

Namun, ada juga yang menilai jika Sabil memang salah.

Semenatar itu merespons cuitan tersebut, akun @RK_JabarJuara mengungkapkan jika Ridwan Kamil langsung menelepon ke ketua yayasan dan meminta agar yang bersangkutan tidak diberhentikan.

Hingga saat ini, kejadian yang menimpa Sabil masih menjadi perbincangan di media sosial.

Sumber: suara
Foto: Kolase Ridwan Kamil dan Muhammad Sabil, guru yang dipecat karena memberikan kritik, (Instagram)
Heboh Guru Honorer di Cirebon Dipecat Gegara Panggil Ridwan Kamil dengan Sebutan 'Maneh' Heboh Guru Honorer di Cirebon Dipecat Gegara Panggil Ridwan Kamil dengan Sebutan 'Maneh' Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar