Breaking News

Erick Thohir Jamin Keamanan Timnas Israel Selama Piala Dunia U-20 Indonesia


Ketua Umum PSSI menjamin keamanan Timnas Israel yang akan datang ke Indonesia selama Piala Dunia U-20. Jaminan keamanan tersebut, menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab Indonesia sebagai tuan rumah.

“Bahwa sesuai kontrak tuan rumah, negara menjamin kedatangan siapa pun yang bermain di sini, apakah itu Olimpiade, kejuaraan dunia bola basket, kalau kita tidak bisa mengambil posisi, menjamin, mengamankan, mungkin Indonesia jangan lagi bidding event-event internasional,” kata Ketum PSSI, Erick Thohir pada Kamis (02/03/2023).

Mewakili Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Israel menjadi salah satu tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Ini akan menjadi pertama kalinya bagi timnas Israel tampil di Piala Dunia U-20.

Menurut Erick Thohir, hal tersebut seharusnya tidak dikaitkan dengan kondisi politik. Karena Indonesia memiliki beberapa rencana untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah event-event besar.

“Padahal kita mau bidding Olimpiade [2036], Piala Dunia 2034 bahkan. Kalau Piala Dunia U-20 saja tidak siap, ya kita jangan bidding, daripada kita memalukan diri kita kepada seluruh dunia, jadi kita harus melayani siapa pun tamu-tamu yang hadir,” ujarnya.

Piala Dunia U-20 di Indonesia akan digelar pada Mei-Juni mendatang. Rencananya, pada 31 Maret ini akan dilakukan drawing babak grup di Bali.

Sebagai informasi, Indonesia selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Namun, Indonesia tetap menyambut kehadiran timnas Israel.

Erick Thohir mengungkapkan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kemenpolhukam terkait negara yang memiliki isu diplomatik.

“Nah, khusus buat beberapa negara yang ada isu diplomatik tentu kita akan mengelola secara hubungan dengan luar negeri,” ujarnya. “Kita sudah melibatkan Kemenlu dan Kemenkopolhukam untuk jaga hal-hal yang tidak kita inginkan. Sehingga kesempatan mimpi kita Piala Dunia itu sirna, atau mimpi kita menyelenggarakan olimpiade itu sirna. Karena terbelenggu oleh politik bukan event olahraganya,” ujar menteri BUMN itu dilansir detiksport.com.*

Sumber: hidayatullah
Foto: Ketum PSSI, Erick Thohir/Net
Erick Thohir Jamin Keamanan Timnas Israel Selama Piala Dunia U-20 Indonesia Erick Thohir Jamin Keamanan Timnas Israel Selama Piala Dunia U-20 Indonesia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar