Breaking News

Ciri Surat Tilang ETLE Asli


Baru-baru ini ramai diperbincangkan di sosial media tentang penipuam app surat tilang yang dikirim via WhatsApp. Untuk menghindari penipuan ini, pastikan untuk mengetahui ciri surat tilang ETLE asli.

Adapun modus penipuan surat tilang yang dikirim via Whatsapp ini yaitu pelaku mengirimkan pesan via WhatsApp dengan pura-pura sebagai anggota kepolisian dan mengirimkan file ekstensi APK terhadap korban.

Selain itu, pelaku juga menyematkan sebuah file dan meminta korbannya untuk klik file tersebut dan menginstallnya. Setelah itu, korban pun diminta untuk menyetujui hak akses pada beberapa aplikasi.

Hal ini dilakukan si pelaku untuk mencuri data pribadi dalam handphone milik korban, termasuk data perbankan milik kamu seperti OTP maupun data lainnya. Adapun contoh isi pesan peniupan Surat Tilang ETLE yang perlu diwaspadai yakni sebagai berikut:

"Selamat siang pak/Ibu. Kami dari kepolisian menginformasikan bahwa bapak/Ibu melakukan pelanggaran, Silakan buka aplikasi untuk melihat surat tilangnya. Jika suratnya sudah dibaca, silakan segera datang ke kantor polisi yang terdekat," 

Jika menerima pesan seperti contoh di atas, langsung abaikan saja. Polisi menghimbau untuk lebih berhati-hati serta tidak mengunduh/menginstall, atau mengakses app tidak resmi yang dikirim via Whatsapp atau SMS.

Selain itu, pastikan agar tidak memberikan informasi data diri dan data perbankan yang sifatnya rahasia seperti user ID M-banking, PIN, OTP, atau password.

Nebagai bentuk antisipasi dan berjaga-jaga dari serangan peniupan, pastikan kamu juga mengetahui ciri-ciri Surat Tilang ETLE Asli. 

Ciri-ciri Surat Tilang ETLE Asli

Diketahui bahwa Polisi telah resmi memberlakukan sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLA). Melalui tilang ETLE ini pemilik kendaraan yang melanggar akan mendapatkan surat tilang ke alamat yang terdaftar.

Adapun sistem tilang ETLE ini telah diberlalukan di 34 Polda yang tersebar seluruh Indonesia. Jika ada pengguna kendaraan yang terdeteksi melakukan pelanggaran oleh sistem tilang ETLE, maka petugas akan mengirimlan surat konfirmasi tilang ke alamat terdaftar. 

Namun seperti yang disebutkan di atas, kini tengah marah kasus penipuan surat tilan ETLE. Oleh karena itu, pastikan agar kamu mengetahui ciri khas surat tilang ETLE asli. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini Ciri Surat Tilang ETLE Asli.

- Surat konfirmasi tilang berbentuk surat 

- Surat konfirmasi tilang dikirim ke alamat pelanggar yang terdaftar

- Terdiri dari beberapa lembaran kertas yang berisi foto, waktu, serta tempat kejadian pelanggaran lalu lintas.

- Tersedia QR Code guna melihat bukti pelanggaran via online

Demikian informasi mengenai Ciri Surat Tilang ETLE Asli yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Sumber: suara
Foto: Ilustrasi surat tilang ETLE palsu - ciri surat tilang ETLE asli (Twitter/@ppidbrimobsulut)
Ciri Surat Tilang ETLE Asli Ciri Surat Tilang ETLE Asli Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar