Breaking News

BNPT Sebut Ada Parpol Terafiliasi Jaringan Teroris, Pengamat Bocorkan yang Lebih Bahaya, Imbasnya Bikin Negara Bangkrut


Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto menyoroti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mengungkapkan ada pihak yang terafiliasi kelompok terorisme masuk menjadi anggota partai politik (parpol).

Hal tersebut ditanggapi Gigin Praginanto melalui akun Twitter pribadi miliknya. Dalam cuitannya, Gigin Praginanto menyiggung soal maraknya para pejabat yang terciduk memiliki harta tidak wajar dan diduga dari uang rakyat.

Gigin Praginanto pun terang-terangan mengungkap hal yang lebih berbahaya bahkan bisa berimbas bangkrutnya negara.

"Kalau yang terafiliasi dengan jaringan teroris keuangan rakyat bagaimana pak. Mereka sangat berbahaya karena bisa membangkrutkan negara dan menebar kemiskinan," tutur Gigin Praginanto dikutip WE NewsWorthy dari akun Twitter pribadi miliknya, Selasa (14/3).

Sementara itu, terkait dugaan ada pihak yang terafiliasi kelompok terorisme dan menjadi anggota parpol dipaparkan Kepala BNPT Boy Rafli Amar. Boy mengungkapkan hal itu dalam dialog kebangsaan BNPT, KPU, dan Bawaslu bersama partai politik di Hotel The St. Regis Jakarta, Senin (13/3).

"Terafiliasi ya. (Parpolnya) Tidak lolos verifikasi. Karena ya memang kita sudah dapat masukan-masukan dari awal dan Insya Allah yang lolos ini adalah sifatnya clear. Jadi yang beberapa tidak lolos itu yang hari ini kami katakan ada indikasi," ujar Boy dikutip dari CNN.

Boy menyebut ada satu parpol yang memiliki anggota terafiliasi dengan kelompok terorisme. Menurut dia, parpol tersebut tidak masuk dalam jajaran peserta politik 2024 mendatang.

Ia tidak memberikan penjelasan lebih rinci mengenai identitas parpol tersebut.

Lebih lanjut, Boy mengatakan hal itu menjadi perhatian agar kelompok intoleran tidak membuat partai baru di kemudian hari.

"Kita harus jaga ke depan, jangan sampai nanti membentuk partai baru, tetapi ternyata pengurusnya itu latar belakangnya adalah kelompok intoleran, radikal, terorisme. Background pengurus ya. Belum lagi platform-nya, jadi platform azas partai tentu tidak boleh lepas dari ideologi negara Pancasila. Itu aja yang harus kita jaga," jelas Boy.

Sebelumnya, dalam acara diskusi, Boy membenarkan adanya indikasi teroris yang akan menyusup dalam pemilu 2024.

Ia menjelaskan strategi from bullets to ballots atau dari peluru ke kotak suara yang menjadi siasat kelompok intoleran masuk ke dalam sistem demokrasi.

"Tidak mungkin saya bilang tidak ada. Tapi yang benar itu ada. Ada itu sudah ada perubahan strategi dari peluru ke kotak suara. Perubahan strategi ini adalah satu siasat jaringan-jaringan yang terafiliasi termasuk kelompok intoleran untuk bisa menjadi bagian dari pesta demokrasi, masuk dalam sistem demokrasi kita," jelas dia.

Boy mengklaim pihaknya dilibatkan dalam proses verifikasi parpol. Selain itu, BNPT juga diminta klarifikasi mengenai adanya partai-partai baru tertentu yang diindikasikan calon pengurusnya terafiliasi ke kelompok-kelompok jaringan teroris.

Sumber: wartaekonomi
Foto: Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto/Net
BNPT Sebut Ada Parpol Terafiliasi Jaringan Teroris, Pengamat Bocorkan yang Lebih Bahaya, Imbasnya Bikin Negara Bangkrut BNPT Sebut Ada Parpol Terafiliasi Jaringan Teroris, Pengamat Bocorkan yang Lebih Bahaya, Imbasnya Bikin Negara Bangkrut Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar