Breaking News

Bertemu Surya Paloh, Luhut Disebut Diutus Jokowi Bahas Posisi NasDem di Pemerintahan


Pertemuan ulang antara Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menimbulkan banyak spekulasi, salah satunya terkait dukungan kepada Anies Baswedan.

Pengamat politik Jamilludin Ritonga menyebutkan bahwa pertemuan keduanya bukan untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Ini pertemuan banyak makna, ada yang menganggap dukungan kepada Anies dan lainnya. Tapi saya melihat ini tidak ada kaitannya dengan itu," ujar Jamilludin, Rabu (15/3/2023).

Menurutnya, pertemuan dua tokoh itu untuk membicarakan mengenai posisi menteri Nasdem di Kabinet Indonesia Maju. Pembicaraan itu tidak lepas dari sikap politik NasDem yang mengusung Anies sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya melihatnya Luhut tampaknya diutus Presiden Joko Widodo untuk membicarakan posisi NasDem di pemerintahan," lanjutnya.

Jamilludin menilai Surya Paloh diberikan dua opsi. Pertama, mempertahankan tiga menterinya dalam kabinet atau meninggalkan Anies di tengah jalan.

"Mungkin Surya Paloh diberikan dua pilihan antara bertahan di pemerintahan atau meninggalkan Anies," kata dia.

Ia yakin Surya Paloh tetap bersikukuh mendukung Anies meski konsekuensinya mengarah pada reshuffle tiga menteri dari NasDem.

"Paloh tentu akan memilih opsi mempertahankan dukungan kepada Anies," ujarnya.

Sumber: suara
Foto: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menemui Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023). (IG @/petergontha)
Bertemu Surya Paloh, Luhut Disebut Diutus Jokowi Bahas Posisi NasDem di Pemerintahan Bertemu Surya Paloh, Luhut Disebut Diutus Jokowi Bahas Posisi NasDem di Pemerintahan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar