Breaking News

Anies Belum Ketemu Pendamping yang Cocok dan Setia


Koalisi Perubahan tak kunjung mendeklarasikan pasangan capres dan cawapres yang akan diusung dalam kontestasi Pilpres 2024. Hingga saat ini koalisi bentukan Partai Demokrat, PKS dan Partai NasDem, baru hanya mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres), belum ada pendamping. Apa kendalanya?

Juru bicara (jubir) bacapres Anies Baswedan, Hendri Satrio sudah pernah menyampaikan soal kriteria dalam memilih sosok pendamping eks Rektor Universitas Paramadina tersebut. Total ada lima kriteria yang harus dipenuhi oleh calon kandidat bacawapres.

“Nama belum. Sebetulnya kriteria sudah lima itu yang disampaikan, yang pertama membantu elektabilitas, kemudian memperkuat komunikasi dan koordinasi Koalisi Perubahan, kemudian yang ketiga bisa membantu dalam pemerintahan, kemudian yang keempat ini setia di garis perubahan, yang kelima ini chemistry. Nah kalau chemistry ini bisa siapa saja tergantung Mas Anies,” tutur Hendri di Jakarta, dikutip Selasa (14/3/2023).

Namun dari kelima kriteria tersebut, terdapat dua kriteria yang sampai saat ini masih menjadi kendala dalam menentukan siapa yang mendampingi. Di sisi lain sudah ada sejumlah nama kandidat yang sedang digodok tim internal dan sudah mulai mengerucut, namun belum menemukan nama yang memenuhi kelima kriteria, khususnya memenuhi kriteria dalam hal kecocokan dan kesetiaan pada garis perubahan.

Ia menegaskan, dua kriteria tersebut adalah hal yang paling terpenting. “Kalau yang keempat ini setia ke garis perubahan sudah mulai mengerucut, chemistry dengan Anies Baswedan, lebih mengerucut lagi,” tegas Hendri.

Lebih lanjut ditekankan, kendala soal sosok pendamping ini merupakan alasan mengapa Koalisi Perubahan belum juga mengumumkan ke publik. Namun ia mengungkapkan, penguman itu akan diumumkan sebelum Bulan Ramadhan.

“Sepaket. Jadi flow nya itu yang pertama deklarasi bersama partai politik, lalu deklarasi cawapres. Komunikasi terakhir sebelum puasa. Ya mudah-mudahan dekat lagi nih, mudah-mudahan Mas Anies juga udah balik dari Australia mudah-mudahan sebentar lagi,”

Hendri menyatakan Anies hingga saat ini masih terbuka dengan siapapun yang merasa dirinya memenuhi kriteria yang sudah disampaikan. “Masih terbuka. Silakan kalau mau mendekati Mas Anies, untuk memperdalam chemistry, tokoh-tokoh yang baik kan di Indonesia banyak,” jelasnya.

Sumber: inilah
Foto: Jubir Anies Baswedan, Hendri Satrio - (Foto: Antara)
Anies Belum Ketemu Pendamping yang Cocok dan Setia Anies Belum Ketemu Pendamping yang Cocok dan Setia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar