Breaking News

Anang Debat sama Rocky Gerung tentang Lelaki dan Perempuan Diciptakan Berpasangan, Menang Siapa?


Tagar Anang trending di media sosial Twitter pada Senin (6/3/2023). Tagar itu merujuk kepada artis Anang Hermansyah yang tiba-tiba ramai dibicarakan warganet di Twitter. 

Terkini, warganet mencuit dengan menyisipkan tagar Anang sudah 1.240 cuitan. 

Apa yang terjadi? kok bisa suami Ashanty tersebut tiba-tiba ramai dibicarakan warganet di jagat Twitter. 

Usut punya usut, warganet penasaran dengan aksi Anang yang berdebat dengan Rocky Gerung di tayangan YouTube Najwa Shihab belum lama ini. 

Najwa Shihab, mengundang empat narasumber untuk membicarakan terkait isu gender dan kesetaraan perempuan.  Unggahan video itu berjudul "Susahnya Jadi Perempuan Part 2."

Dalam video yang berdurasi sekitar satu jam tersebut, Najwa Shihab mengundang Anang Hermansyah, Onadio Leonardo, Rocky Gerung, dan Denny Sumargo.

Semula Najwa sebagai pemandu diskusi melontarkan pertanyaan yang sensitif terkait alasan personal Rocky Gerung tak kunjung menikah. 

"Aku mau minta izin, terlalu personal gak kalau aku nanya kenapa belum menikah sampai sekarang," tanya Najwa kepada Rocky.

"Kalau gak mau jawab gak apa-apa," tegas host yang akrab disapa Nana tersebut.

Pengajar kajian filsafat dan feminisme itupun langsung menjawab. Rocky mengatakan kalau ada seorang lelaki yang usianya sudah melewati 30 atau 40 tahun tak kunjung menikah maka dipersepsi sebagai sebuah keanehan. 

"Kan orang anggap itu aneh," ujarnya. 

"Aku nggak (menganggap itu aneh) hanya ingin tahu aja," balas Nana. 

Rocky pun langsung meluruskan, maksud aneh yang ia sebutkan yakni ihwal persepsi orang kebanyakan. 

"(Maksudnya) persepsi orang. sampai sekarang saya gak tahu bagaimana jawabnya, karena di belakang pertanyaan itu ada asumsi menikah itu adalah kenormalan, menikah itu adalah kebahagiaan tuh, basisnya apa tuh?" jawab Rocky Gerung.

Tiba-tiba Anang yang semula menyimak obrolan dua arah Rocky dan Nana, di kursi sebelah, melontarkan pandangan berbeda. 

Anang tak sependapat dengan Rocky yang menyebut kalau asumsi orang tentang menikah adalah sebuah kenormalan, mencari kebahagiaan, dan yang lainnya. 

"Nggak mas mikirnya itu, kalau aku nggak. Tuhan menciptakan manusia berpasangan," ucap Anang. 

Rocky langsung membantah pendapat Anang yang menyebut kalau Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan. 

"Oh ini lain lagi background-nya," celetuk Denny Sumargo.

Rocky kemudian menjelaskan jika memang tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan, maka seharusnya jumlah laki-laki dan perempuan sama rata. 

"Kalau Tuhan menciptakan manusia berpasangan, berarti terbagi merata, right," kata pria berusia 64 tahun tersebut.

Ia kemudian mengambil contoh, kalau ternyata Anang poligami, berarti Rocky tak kebagian pasanganya, karena perempuan yang seharusnya menjadi pasangan Rocky dinikah oleh Anang. 

"Sekarang kalau lu (Anang) poligami saya gak punya pasangan karena you poligami," cetus Rocky.

"Loh kan matematikamu tadi Tuhan menciptakan manusia berpasangan, berarti semuanya sama jumlahnya laki-laki dan perempuan, sekarang you ambil empat saya gak dapat apa-apa," tambahnya.

Anang menjawab berpasangan yang dimaksudnya yakni berdua saja dan tidak perlu memperistri banyak perempuan.

"Tapi kalau semuanya sepertinya berpasangan berdua-berdua, gak ada yang perlu ngambil banyak," ucap Anang. 

Rocky pun menjelaskan poin utama yang disinggung Anang terkait Tuhan menciptakan manusia berpasang-pasangan datang dari teologi, kemudian saat dilihat melalui kacamata sosiologi, hal tersebut tidak bisa terwujud.

"Itu poinnya secara sosiologis itu gak mungkin terjadi. Jadi sesuatu yang diumpankan oleh teologi, fakta sosiologinya berbeda kenapa karena patriarki menganggap perempuan itu properti dia tuh, kan itu," tandasnya. 

Sumber: suara
Foto: Anang Hermansyah saat berdiskusi di acara Najwa Shihab. (bidik layar YouTube Najwa Shihab)
Anang Debat sama Rocky Gerung tentang Lelaki dan Perempuan Diciptakan Berpasangan, Menang Siapa? Anang Debat sama Rocky Gerung tentang Lelaki dan Perempuan Diciptakan Berpasangan, Menang Siapa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar