Breaking News

Viral Jemaat Dibubarkan saat Ibadah di Gereja Bandarlampung


Beredar video pelarangan dan pembubaran jemaat gereja yang tengah beribadah. Video ini pun viral di media sosial (medsos).

Peristiwa ini diketahui terjadi di Gereja Kristen Kemah Daud (GKKD) di Jalan Soekarno Hatta Gang Anggrek RT 12 Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandarlampung, Minggu (19/2/2023) sekitar pukul 09.30 WIB.

Dalam video tampak sekira 5 warga mendatangi lokasi GKKD. Seorang pria yang mengaku sebagai Ketua RT setempat memasuki pekarangan gereja dengan cara melompat pagar.

"Sabar Pak, ini lagi ibadah," ujar seorang jemaat yang ada dalam video tersebut.

Pria berbaju biru langsung mendobrak dan memaksa masuk ke gereja serta menghentikan ibadah yang sedang berlangsung dengan menaiki mimbar.

"Berhenti, berhenti," kata pria berbaju biru tersebut.

Usai menghentikan aktivitas ibadah gereja, pria tersebut keluar bersama warga lainnya yang sudah menunggu di luar. Tampak pria itu juga menyerang perekam video.

Takut akan intimidasi itu, akhirnya aktivitas ibadah gereja dihentikan. Polisi yang mengetahui kejadian tersebut juga turun tangan dan meredam emosi.

Saat dikonfirmasi, Ketua Pembangunan GKKD Parlin Sihombing membenarkan terjadinya peristiwa pembubaran ibadah gereja tersebut.

"Ya kemarin (Minggu, 19/2) saat ibadah sedang berlangsung, tiba-tiba ada beberapa oknum melompati pagar dan langsung masuk ke gereja menghentikan ibadah," ujar Parlin saat ditemui di lokasi GKKD, Senin (20/2).

Ia menjelaskan, saat kejadian, pihaknya sudah mencoba mediasi. Namun, oknum tersebut tetap tidak mau dan memaksa ibadah dihentikan.

"Dia (oknum) maksa masuk dan teriak stop stop tidak boleh ibadah keluar keluar. Jadi jemaat pada takut dan panik, akhirnya bubar dan keluar ke parkiran, bahkan sempat saling dorong dan ribut antara kedua belah pihak," ujarnya.

Parlin menambahkan, pihaknya sangat menyesalkan karena oknum Ketua RT 12 Wawan ikut terlibat dalam pembubaran ibadah tersebut.
"Dia (Ketua RT) datang membawa rekan-rekannya, terus menghentikan ibadah. Alasannya karena tidak ada izin, padahal gereja ini dari 2014 sudah membuat izin dan sudah dapat 75 KTP pendukung warga sekitar, ada juga kepala lingkungan, bhabinkamtibmas dan babinsa," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, jemaat gereja akhirnya melaporkan peristiwa tersebut ke mapolsek setempat.

Sumber: okezone
Foto: Warga bubarkan jemaat yang tengah beribadah di gereja Bandarlampung. (Ist)
Viral Jemaat Dibubarkan saat Ibadah di Gereja Bandarlampung Viral Jemaat Dibubarkan saat Ibadah di Gereja Bandarlampung Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar