Breaking News

UPDATE Kerusuhan Wamena, Korban Tewas Bertambah Jadi 9 Orang, 1 Polisi Kena Panah


Korban tewas akibat kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan bertambah menjadi 9 orang. Kericuhan yang dipicu isu penculikan anak ini juga mengakibatkan 6 warga sipil luka-luka.

“Data terbaru korban meninggal 9 orang. Untuk luka-luka masih 6 orang dan masih dilakukan pendataan,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan di Timika, Kamis (23/2/2023) malam.

Benny mengungkapkan, kericuhan itu juga menyebabkan sejumlah anggota kepolisian mengalami luka-luka. Bahkan satu polisi dilaporkan terkena anak panah.


“Jadi ada 1 anggota kita terkena luka panah dan ada juga yang luka lemparan batu. Nah ini juga sedang kami dalami,” tuturnya.

Benny menerangkan saat ini baik korban jiwa maupun luka-luka telah berada di RSUD Wamena. Pihaknya sampai saat ini masih mengusut penyebab jatuhnya korban dalam kericuhan itu.


“Seluruh korban luka-luka saat ini telah ditangani medis. Saat ini proses pemeriksaan investigasi dari Polres mengenai penyebab korban luka-luka dan tewas sudah berjalan,” tegas Benny.

Kericuhan di Wamena diketahui terjadi lantaran massa terprovokasi isu penculikan anak. Massa turut menyerang anggota polisi yang menuntut terduga pelaku penculikan dilepaskan yang diamankan di Mapolres Wamena diserahkan ke massa untuk dihakimi.


Aparat kepolisian terpaksa harus mengeluarkan tembakan peringatan lantaran massa anarkis hingga berujung adanya aksi pembakaran. Hal itu dilakukan guna mendorong massa mundur dan membubarkan diri.

“Memang saat kejadian itu terjadi anggota terpaksa melepaskan tembakan peringatan kepada massa untuk mendorong mundur dan membubarkannya. Namun massa melakukan tindakan anarkis dan melawan petugas hingga membakar kios-kios milik warga,” urai Benny.

Sejauh ini pihaknya belum bisa membeberkan berapa jumlah kios dan kerugian materiel yang dialami akibat kericuhan itu. Hal itu disebabkan anggota masih fokus melakukan pengamanan guna mencegah adanya hal-hal yang tak di inginkan terjadi.

“Untuk korban kios-kios jumlahnya berapa yang dibakar kita belum mendapatkan rincikan detailnya. Karena saat ini petugas berupaya untuk mengendalikan situasi Kota Wamena,” imbuhnya.

Sumber: hajinews
Foto: 
UPDATE Kerusuhan Wamena, Korban Tewas Bertambah Jadi 9 Orang, 1 Polisi Kena Panah UPDATE Kerusuhan Wamena, Korban Tewas Bertambah Jadi 9 Orang, 1 Polisi Kena Panah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar