Breaking News

Kisah Haru Hilarion Heagy, Eks Pendeta Top Amerika yang Akhirnya Bersyahadat


Baru-baru ini publik dibuat heboh dengan pengakuan seorang pemimpin Katolik Timur terpandang di Amerika yang memutuskan masuk Islam. Lantas apa alasan mantan pendeta bernama Hilarion Heagy itu?

Sebagaimana diketahui, hidayah memang bisa datang pada siapa saja yang dikehendaki Allah SWT. Tak terkecuali dengan Hilarion Heagy, yang tadinya adalah seorang pendeta dengan banyak pengikut.

Lantas apa yang membuat Hilarion Heagy meninggalkan label pendeta dan agama lamanya itu?

Dikutip dari pengakuan Hilarion Heagy yang tertulis di Medium, menurut dia, konversinya adalah “pulang” dan menjadi mualaf sebenarnya adalah “kembali ke Islam.”

Hilarion Healgy menulis dalam blognya:

“Ini benar-benar seperti ‘pulang’. Keyakinan primordial saya. Untuk Al -Quran menyatakan bahwa kami menyembah satu-satunya Tuhan dan tunduk kepada-Nya sejak bahkan sebelum kami dilahirkan.”

Dalam tulisannya itu, sang mantan pendeta itu mengutip surat Al A’raf ayat 172:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), ‘Bukankah Aku ini Tuhanmu?’ Mereka menjawab, ‘Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi’. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini”,’ – Al Quran (7:172).”

Sebagai informasi, sebelum membaca dua kalimat syahadat, Hilarion Healgy sebelumnya adalah seorang biarawan Ortodoks Rusia.

Ia telah mendapatkan rasa hormat di antara para pengikut Kristiani lantaran sikapnya yang dianggap baik, alim, dan sangat sabar.

Kemudian, sekitar tahun 2003, Hilarion Healgy masuk Gereja Ortodoks Antiokhia, yang ia tinggalkan pada tahun 2017 untuk bergabung dengan Gereja Katolik Timur.

Di tempat itu, ia lulus dari Biara Kebangkitan Suci St. Nazianz dan menjadi biarawan pendeta Katolik Bizantium.

Namun siapa sangka, semakin dalam ia mempelajari ajaran Kristiani, hatinya justru terpaut pada ajaran Islam. Hingga akhirnya, Hilarion menjadi seorang mualaf.

Menurut dia, menjadi seorang muslim adalah proses panjang, hingga pada akhirnya nanti kembali ke Tuhan.

Sontak saja, kabar Hilarion Heagy masuk Islam ini pun viral di jagat dunia maya. Sejak saat itulah, ia pun mendapat dukungan dari banyak muslim lainnya dari berbagai negara.

“Kehangatan dan keramahtamahan yang saya saksikan dan terima dari komunitas Muslim sangat fenomenal,” katanya.

“Saya belum pernah mengalami keramahan seperti itu. Masa depan, bagi saya, tidak pasti. Sebuah lompatan ke dalam kegelapan selalu ditempa dengan beberapa kecemasan,” sambungnya.

Hilarion pun merasa, sejak dirinya masuk Islam, membuat hatinya penuh kedamaian, kegembiraan, dan kelegaan.

“Sekarang mulai pekerjaan memasuki lebih dalam ke dalam keyakinan ini. Pembelajaran yang lebih dalam. Cinta untuk Din (Agama). Cinta untuk umat. Cinta untuk Nabi,” tuturnya. (*)

Sumber: harianhaluan
Foto: Mantan Pendeta, Hilarion Heagy kini masuk Islam (Tangkapan layar YouTube)
Kisah Haru Hilarion Heagy, Eks Pendeta Top Amerika yang Akhirnya Bersyahadat Kisah Haru Hilarion Heagy, Eks Pendeta Top Amerika yang Akhirnya Bersyahadat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar