Breaking News

Kepanikan Warga Turki Saat Gempa Susulan Semakin Mengerikan: 'Rasanya Bumi Seperti Terbelah!'


Gempa susulan melanda wilayah perbatasan Turki dan Suriah pada Senin, 20 Februari 2023.

Diketahui gempa susulan itu terjadi hanya berselang dua minggu setelah daerah itu dihancurkan oleh gempa yang lebih besar, yang telah menewaskan lebih dari 47 ribu orang dan merusak atau menghancurkan ratusan ribu rumah.

Gempa susulan yang terjadi hari Senin kali ini berkekuatan 6,4, berpusat di dekat kota Antakya di Turki selatan dan terasa di Suriah, Mesir, dan Lebanon.

Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km (6,2 mil), kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Walikota Hatay Lutfu Savas mengatakan bahwa dia telah menerima laporan tentang beberapa orang terjebak di bawah reruntuhan setelah gempa terakhir.

Dilaporkan ada tiga orang tewas dan lebih dari 200 lainnya cedera, kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu.

Di Samandag, di mana Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat AFAD negara itu melaporkan satu orang tewas, penduduk mengatakan lebih banyak bangunan runtuh tetapi sebagian besar kota sudah melarikan diri setelah gempa bumi awal.

Gundukan puing dan furnitur yang dibuang berjejer di jalan-jalan yang gelap dan terbengkalai.

Salah seorang warga bernama Muna Al Omar mengaku saat gempa susulan terjadi, semuanya seakan terasa bumi ini akan terbelah dua.

"Saya pikir bumi akan terbelah di bawah kaki saya," katanya sambil menangis sambil menggendong putranya yang berusia 7 tahun, dikutip dari laman Reuters pada Selasa, 21 Februari 2023.

Beberapa jam sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dalam kunjungan ke Turki bahwa Washington akan membantu "selama diperlukan" saat operasi penyelamatan setelah gempa 6 Februari dan gempa susulan mereda, dan fokus beralih ke menuju tempat penampungan darurat dan pekerjaan rekonstruksi.

Korban tewas akibat gempa dua minggu lalu naik menjadi 41.156 di Turki, kata AFAD pada Senin, dan diperkirakan akan meningkat lebih jauh, dengan 385.000 apartemen diketahui telah hancur atau rusak parah dan banyak orang masih hilang.

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan pekerjaan konstruksi di hampir 200.000 apartemen di 11 provinsi yang dilanda gempa di Turki akan dimulai bulan depan.

Total bantuan kemanusiaan AS untuk mendukung tanggap gempa di Turki dan Suriah telah mencapai $185 juta, kata Departemen Luar Negeri AS.

Di antara yang selamat dari gempa bumi adalah sekitar 356.000 wanita hamil yang sangat membutuhkan akses ke layanan kesehatan, kata badan kesehatan seksual dan reproduksi PBB.

Mereka termasuk 226.000 wanita di Turki dan 130.000 di Suriah, sekitar 38.800 di antaranya akan melahirkan bulan depan.

Banyak dari mereka berlindung di kamp atau terkena suhu beku dan berjuang untuk mendapatkan makanan atau air bersih.

Sumber: disway
Foto: Turki Dilanda Gempa yang Maha Dahsyat Lagi-@turquianoticia-Twitter
Kepanikan Warga Turki Saat Gempa Susulan Semakin Mengerikan: 'Rasanya Bumi Seperti Terbelah!' Kepanikan Warga Turki Saat Gempa Susulan Semakin Mengerikan: 'Rasanya Bumi Seperti Terbelah!' Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar