Breaking News

Jamiluddin Ritonga: IKN Terkesan Heboh karena Lebih Sering Didatangi Jokowi


Pencapaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak sesuai dengan rencana. Awalnya Januari 2023 sudah ada gedung yang berdiri, nyatanya sampai minggu ketiga Februari belum ada yang berdiri.

"IKN itu terkesan heboh karena lebih sering didatangi Jokowi. Jokowi dan para petinggi negeri pamer mennginap di sana sehingga mendapat liputan gratis dari media," kata pengamat politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (23/2).

Jamiluddin mengatakan ada kesenjangan pembangunan di IKN dengan yang didengungkan petinggi negeri di media. Kesenjangan itulah yang membuat rencana Januari 2023 sudah berdiri gedung tidak tercapai.

"Memang IKN itu terkesan maunya elite. Penetapan lokasi IKN ditetapkan elite, khususnya Presiden Jokowi. Rakyat tidak dilibatkan sama sekali," ujarnya.

Dia menambahkan, UU IKN juga selesai dalam waktu singkat dan praktis tidak melibatkan pemangku kepentingan. UU itu dibuat terkesan dalam suasana senyap.

"Karena itu, wajar kalau pembangunan IKN tidak mendapat dukungan yang memadai dari rakyat. Rakyat hanya jadi penonton di tengah hiruk pikuknya elite mendukung IKN," tutupnya.

Sumber: rmol
Foto: Presiden Joko Widodo/Net
Jamiluddin Ritonga: IKN Terkesan Heboh karena Lebih Sering Didatangi Jokowi Jamiluddin Ritonga: IKN Terkesan Heboh karena Lebih Sering Didatangi Jokowi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar