Breaking News

Ini Pernyataan Lengkap 3 Menteri yang Turun Tangan Terkait David Latumahina Dianiaya Mario Dandy


Ada tiga (3) menteri yang turun tangan terkait kasus David Latumahina (17) dianiaya Mario Dandy Satrio (19). Menkeu Sri Mulyani, Menag Gus Yaqut dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Berikut pernyataan lengkap tiga menteri Kabinet Indonesia Maju era Jokowi- Maruf yang turun tangan soal kasus David Latumahina dianiaya sampai koma oleh Mario Dandy.

Menko Polhukam Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut tidak ada kata damai terkait kasus tersebut.

“Tidak ada perdamaian atau permaafan dalam hukum pidana,” kata Mahfud dalam cuitannya, Kamis (23/2).

Mahfud menekankan penganiayaan yang dilakukan anak pejabat harus diproses hukum. Dia juga mendorong ayah Mario Dandy diperiksa.

“Untuk perkara ringan memang ada restorative justice. Penganiayaan yang dilakukan oleh anak pejabat ini harus diproses hukum. Secara hukum administrasi pejabat yang punya anak dalam tanggungan hedonis dan berfoya-foya harus diperiksa,” ujarnya.

Mahfud MD juga menilai pemeriksaan harta kekayaan terhadap ayah Dandy, Rafael Alun harus berlanjut.

Pemeriksaan itu untuk memastikan RAT tidak melakukan penyimpangan selama menjabat di Ditjen Pajak.

“Tapi menurut saya mengundurkan diri itu tidak menghilangkan proses hukum bila sebelum mengundurkan diri memang ada kasus hukum yang dilakukan, misalnya penghimpunan dana secara tidak sah, pencucian uang, penggelapan pajak orang yang kemudian dinikmati juga itu harus diteruskan karena itu terjadi ketika dia menjabat, kalau benar ya kalau benar sekali lagi,” jelas Mahfud MD.

2. Menteri Agama Gus Yaqut

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas adalah menteri pertama yang merespons kasus ini. Dia juga langsung menjenguk David Latumahina (17).

“Anak kader, anakku juga. Catat ini!,” jelasnya.

Selain memposting foto saat menjenguk David, Gus Yaqut juga memposting saat David Latumahina menjalani proses mualaf atau masuk Islam.

“Ini David 3 tahun yang lalu saat datang sendiri minta disyahadatkan di daerah Muntilan Magelang,” kata Gus Yaqut di akun Instagram-nya, Jumat (24/2).

“Menyusul bapaknya yang terlebih dahulu bersyahadat,” ungkap Yaqut lagi.

“Mohon doa kesembuhan atas musibah yang menimpanya karena kebiadaban mereka yang mengaku manusia. Allah Kariim,” tulis Menag Yaqut.

3. Menkeu Sri Mulyani

Video yang diunggah di media sosial Instagram @smindrawati, dia berjanji akan mengawal kasus tersebut dan mendukung proses hukum yang sedang berjalan.

“Turut prihatin banget. Saya minta maaf ya. Saya tegaskan lagi, proses hukum jalan terus aja. Saya akan dukung penuh semuanya,” kata Sri Mulyani, Sabtu (25/2).

Sri Mulyani kemudian mengatakan telah mendapat keterangan dokter mengenai kondisi terkini David.

“Dokter menyampaikan keadaan David lebih baik dibanding hari pertama perawatan. Namun, proses observasi perawatan David masih panjang,” ucap Sri Mulyani.

“Saya sangat menghargai, menghormati dan mendukung penuh langkah LBH Ansor dalam menyikapi kejadian ini, dan mendukung keputusan LBH Ansor untuk menindak kasus ini secara hukum. Mari kita semua berdoa untuk kesembuhan dan pemulihan David,” jelasnya lagi.

Sumber: pojoksatu
Foto: Menkeu Sri Mulyani besuk David Latumahina (ist)
Ini Pernyataan Lengkap 3 Menteri yang Turun Tangan Terkait David Latumahina Dianiaya Mario Dandy Ini Pernyataan Lengkap 3 Menteri yang Turun Tangan Terkait David Latumahina Dianiaya Mario Dandy Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar