Breaking News

Erick Thohir Ngaku Pernah Bawa Persija Juara dari 2004, Juara Apaan?


Menteri BUMN yang menjadi calon ketua umum atau Ketum PSSI, Erick Thohir mengaku pernah mengurus Persija Jakarta sejak 2004. Bahkan, dia ikut membawa Persija Jakarta juara. Juara apaan?

Pengakuan Erick Thohir itu disampaikan Selasa (7/2/2023) di Jakarta seiring dengan tudingan bahwa dia tidak pernah berkiprah dalam sepak bola Indonesia.

Sebagai calon ketum PSSI, ada syarat harus pernah terlibat dalam sepak bola Indonesia selama lima tahun.

Menanggapi hal tersebut, Erick Thohir pun mengaku pernah terlibat dalam Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Erick Tohir mengaku pernah ada dalam manajemen Persija Jakarta dari tahun 2004. Saat itu, dia mengklaim Persija juara.

"Saya bukan orang baru di sepak bola. Saya (tahun) 2004 sudah mengurus Persija sama Pak (IGK) Manila dan Pak Sutiyoso, dan lumayan lah juara,” kata Erick Thohir di Jakarta.

Pengakuan Erick Thohir pernah terlibat atau mengurus Persija Jakarta dari tahun 2004, kemudian juara ini tentu masih perlu diuji kembali kebenarannya.

Soal dia menangani Persija Jakarta, dia mengaku namanya memang tidak pernah tampil ke publik. Dia seperti berada di belakang layar.

Nah, soal Persija juara kala Erick Thohir berada dalam klub itu sejak 2004 tentu patut dipertanyakan. Sebab, dalam catatan Suara Denpasar, Persija tidak pernah juara pada tahun-tahun yang diklaim Erick Thohir.

Pada 2004 saat itu Liga Indonesia masih menggunakan istilah Divisi Utama. Dari 2004 sampai era Divisi Utama berakhir pada 2008, Persija tidak pernah juara.

Begitu juga ketika era Liga Super pada 2008-2014, Persija tidak pernah juara. Pun dengan era Liga Prima pada 2011-2012, Macan Kemayoran tak pernah juara.

Pada era Divisi Utama, Persija Jakarta pernah juara pada 2001, itu saat Erick Thohir seperti pengakuannya, belum ada di Persija. Sedangkan Persija jadi menjadi juara lagi saat era Liga 1 pada 2018.

Selain mengurus Persija Jakarta, Erick Thohir mengaku pernah berada di dalam Persib Bandung selama 9 tahun.

“Lalu Persib saya hampir sembilan tahun," akunya.

Apakah benar? Pihak manajemen Persib Bandung ternyata membenarkan klaim Erick Thohir. Direktur PPT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengatakan, Erick pernah menjadi wakil komisaris utama Persib selama 10 tahun. Dari 2009 sampai 2019.

Pada era Liga Super musim 2014, Persib Bandung Juara. Sebagai runner up kala itu Persipura Jayapura. Selain itu, Persib pernah juara Piala Presiden pada 2015.

Sumber: suara
Foto: Erick Thohir dan Raffi Ahmad/Net
Erick Thohir Ngaku Pernah Bawa Persija Juara dari 2004, Juara Apaan? Erick Thohir Ngaku Pernah Bawa Persija Juara dari 2004, Juara Apaan? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar