Breaking News

4 Fakta Kenzi Alfaro, Balita Raksasa yang Jalani Perawatan Intensif karena Obesitas


Seorang bayi berusia 16 bulan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas telah mendapat penanganan dari tenaga kesehatan. Bayi bernama Muhammad Kenzi Alfaro itu diketahui telah menjalani perawatan intensif sejak Desember 2022. 

Berikut beberapa fakta terkait kasus obesitas yang dialami Kenzi:

1. Viral di media sosial 

Kenzi menjadi viral di media sosial karena memiliki berat badan yang tidak normal, jauh lebih berat dari balita seusianya. Kondisi putra pasangan M Sopiyan dan Pitriah ini terungkap setelah orangtuanya mendatangi Posyandu Setyamulya di Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi pada Desember 2022.

2. Miliki berat badan hampir 30 kg

Di usianya yang baru menginjak 16 bulan, Kenzi memiliki berat badan mencapai 26,9 kilogram, yang terungkap saat ditimbang di Posyandu Setyamulya di Desa Pusaka Rakyat pada Desember 2022. 

"Orang tua balita datang ke posyandu, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan. Saat Desember, berat balita tercatat sudah 26,9 kilogram dengan tinggi 75 sentimeter. Sedangkan saat dilahirkan, beratnya sudah 4,5 kilogram dengan tinggi 48 sentimeter," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata pada Selasa, (21/2/2023).

3. Ditangani dengan perawatan intensif

Menurut Supriadinata, Kenzi telah mendapat penanganan dari petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Kenzi langsung ditangani setelah kondisinya itu diketahui oleh petugas kesehatan Kabupaten Bekasi pada Desember 2022. 

"Sudah ditangani oleh petugas kesehatan kami. Dari puskesmas kemudian dirujuk ke rumah sakit dengan status peserta BPJS Kesehatan aktif,"terangnya.

4. Menjalani rawat jalan

Supriadinata juga mengungkapkan bahwa Kenzi saat ini menjalani perawatan dan pemeriksaan rutin setelah kondisinya diketahui oleh petugas kesehatan.

Pada 20 Desember 2022, petugas Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) bersama kader posyandu menjemput Kenzi dan ibunya untuk dibawa ke UPTD Puskesmas Setiamulya.

"Sesampainya di sana, dilakukan pemeriksaan oleh dokter kemudian dirujuk ke RS Ananda Babelan untuk ditangani lebih lanjut," katanya.

Sejak saat itu Kenzi diharuskan melakukan rawat jalan dan saat ini balita obesitas itu menjalani pemeriksaan rutin di Rumah Sakit Hermina Bekasi sebagai upaya menurunkan berat badan.

Sumber: okezone
Foto: Muhammad Kenzi Alfaro. (Foto: Antara)
4 Fakta Kenzi Alfaro, Balita Raksasa yang Jalani Perawatan Intensif karena Obesitas 4 Fakta Kenzi Alfaro, Balita Raksasa yang Jalani Perawatan Intensif karena Obesitas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar