Breaking News

Viral Video Ratusan PKL Banjiri Kota Tua, Satpol PP Singgung Anies Baswedan


Sebuah video menunjukkan ratusan pedagang kaki lima atau PKL tengah membanjiri kawasan Kota Tua, Jakarta. Dalam narasi video, peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu.

Video ini menuai polemik lantaran diketahui bahwa kawasan Kota Tua merupakan kawasan yang steril dari PKL.

Kekinian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat buka bicara terkait viralnya video tersebut. 

"Yang ada di video itu pas Natal tahun lalu. Sekarang sudah dipastikan lokasi itu sudah steril," kata Kepala Satpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto, rabu (18/1/2023) dikutip dari Antara.

Agus mengatakan, kala itu ratusan PKL tersebut langsung berdagang di halaman Kota Tua lantaran mengklaim telah mendapatkan izin dari Gubernur DKI Jakarta, sebelumnya, Anies Baswedan.

Mereka langsung memadati halaman Kota Tua hingga depan museum Mandiri dan Stasiun Kota.

Agus menduga ada beberapa faktor yang menyebabkan membludaknya PKL kala itu. Pertama, kondisi Kota Tua yang bagus membuat banyak pengunjung berdatangan.

Sehingga PKL luar yang sebelumnya tidak berdagang di Kota Tua pun berdatangan. Bahkan tercatat sekitar 900 PKL memadati kawasan Kota Tua saat itu.

"Pedagang asli kota tua itu sebenarnya hanya 400. Cuma kemarin naik hampir 900 itu pedagang, makanya sangat membludak," jelas dia.

Karena kondisi Kota Tua yang sudah terlalu padat, Agus beserta jajarannya pun langsung melakukan tindakan.

"Kami kan tidak ingin ada clash, kalau kami tindak tapi akhirnya ribut akhirnya terkesan semena-mena. Akhirnya kami arahkan dan imbau untuk tidak berdagang di lokasi tersebut," kata Agus.

Petugas pun memberikan teguran berupa kartu kuning kepada para pedagang yang ada di lokasi saat itu. Mereka diminta untuk pindah dalam kurun waktu satu sampai dua hari.

Setelah proses sosialisasi, para pedagang itu pun akhirnya pindah. Hingga saat ini, Agus memastikan halaman Kota Tua sudah bersih dari para PKL.

"Kami memang punya tempat khusus untuk pada PKL seperti di Kota Intan dan beberapa lokbin lain. Nah kita arahkan para PKL untuk ke sana," jelas dia.

Sebelumnya, video tersebut beredar di jejaring WhatsApp grup. Dalam video berdurasi satu menit itu, terlihat PKL memenuhi trotoar yang ada di depan museum Mandiri hingga Stasiun Kota. Mereka menjajakan dagangannya tepat di atas trotoar hasil revitalisasi yang sebelumnya telah diresmikan oleh Gubernur terdahulu, Anies Baswedan.

Sumber: suara
Foto: Kota Tua saat Dibanjiri PKL (Antara)
Viral Video Ratusan PKL Banjiri Kota Tua, Satpol PP Singgung Anies Baswedan Viral Video Ratusan PKL Banjiri Kota Tua, Satpol PP Singgung Anies Baswedan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar