Breaking News

TKA China Dinomorsatukan, Rusuh Morowali Disinyalir Bisa Terjadi Lagi: Tak Ada Keadilan


Pengamat Politik, Rocky Gerung menyorot tajam perkembangan investigasi terkait dengan kerusuhan di PT Gunbuster Nickel Industri, Morowali.

Dirinya keheranan dengan pernyataan yang menyatakan bahwa kerusuhan tersebut disebabkan adanya provokasi.

Menurutnya, kerusuhan tersebut terjadi karena tak ada keadilan serta perbedaan treatment terhadap tenaga kerja lokal dan tenaga kerja asing.

"Ya, kita tahu bahwa Morowali itu simbol perlawanan rakyat. Jadi, disitu rakyat tidak mungkin diprovokasi. Dia (pekerja) nggak lihat keadilan di situ," papar Rocky Gerung dalam kanal youtubenya yang dilihat denpasar.suara.com, Kamis19 Januari 2023.

Dan seolah-olah, dengan pernyataan Polri bahwa sudah ditangkapnya provokator, maka persoalan akan selesai.

Sebab, hal ini bicara soal ketidakadilan yang dirasakan para pekerja lokal di sana. Jadi, bukan semata soal provokator.

Jika soal ketidakadilan yang menjadi bara persoalan tidak terselesaikan. Maka, kerusuhan yang sama bisa saja terulang di kemudian hari.

Dan, ingat Rocky Gerung. Di sana, pekerja Indonesia malah dianggap sebagai pekerja nomor dua terkait pendapatan maupun fasilitas.

Padahal, mereka bekerja di negara dan tanahnya sendiri. "Rakyat dianggap pekerja nomor dua di situ karena pekerja nomer satu adalah pekerja dari China," ungkapnya.

"Pak Kapolri saya rasa paham itu, tapi tidak bisa dia ungkapkan karena ini terkait analisis yang panjang tentang modus investasi," tukasnya. ***

Sumber: wartaekonomi
Foto: Pengamat Politik, Rocky Gerung/Net
TKA China Dinomorsatukan, Rusuh Morowali Disinyalir Bisa Terjadi Lagi: Tak Ada Keadilan TKA China Dinomorsatukan, Rusuh Morowali Disinyalir Bisa Terjadi Lagi: Tak Ada Keadilan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar