Breaking News

Surya Paloh Ternyata Kena 'Prank'? Gagal Ketemu Jokowi di London, Malah Berakhir Hadapi Luhut


Pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akhir tahun 2022 lalu sempat menggegerkan publik.

Sebagai informasi, pertengahan Januari 2023 kemarin beredar foto pertemuan Paloh dan Luhut yang ternyata diambil akhir tahun lalu di London, Inggris.

Tampak pertemuan itu juga dihadiri oleh Peter F Gonta dan memunculkan beragam spekulasi, termasuk dugaan bahwa Paloh dan Luhut sedang bernegosiasi pasca deklarasi Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

Namun tampaknya ada cerita lain di balik peristiwa ini. Seperti disampaikan oleh politisi senior PDI Perjuangan, Panda Nababan, rupanya ia mendapat selentingan mengenai pertemuan menggemparkan tersebut.

"Sebagai wartawan seharusnya saya tanya Jokowi dong. Jangan orang kedua atau ketiga. Ini yang cerita ke gue orang kedua ketiga," tutur Panda di kanal YouTube Total Politik, dikutip pada Jumat (27/1/2023).

Lantas seperti apa selentingan yang didengarnya?

"Informasi yang saya terima, Jokowi dari Brussel mau ke Inggris. Presiden dari Belgia mau ke ini (Inggris)," jelas Panda, merujuk pada aktivitas Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Uni Eropa yang diselenggarakan pertengahan Desember 2022.

"Dia tahu bahwa Surya dari Jerman ke Inggris, biar ketemu. Katanya... (tapi akhirnya) Jokowi tidak jadi ke Inggris," sambungnya.

Menariknya, pernyataan Panda terdengar disensor, diduga lantaran sang jurnalis senior tidak mau membocorkan detail, termasuk pemberi informasi tersebut.

"Itu ceritanya. Saya sendiri dalam otentikasi harus melakukan konfirmasi, iya (ke Pak Jokowi). Nah ini, karena kesibukannya, aku belum sempat," ujar Panda.

Penjelasan Panda ini pun sejalan dengan pernyataan Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim, yang menyebut bahwa pertemuan Paloh dan Luhut di sekitar tanggal-tanggal kunjungan Jokowi ke Uni Eropa.

"Peristiwa Desember, (tapi) yang milik Gonta baru dilepas Januari, foto-foto itu. Padahal itu terjadi sebelumnya," tegas Panda menambahkan.

Lantas apa makna pertemuannya? Panda sendiri menganalisis Peter F Gonta ingin menunjukkan kepada publik bahwa Luhut dan Paloh memiliki hubungan yang baik-baik saja.

Sedangkan di sisi lain, Paloh dan Jokowi akhirnya menggelar pertemuan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (26/1/2023) sore. Ini menjadi pertemuan pertama mereka setelah berbulan-bulan.

Sumber: suara
Foto: Kolase foto Luhut Binsar Pandjaitan dan Surya Paloh. (Ist)
Surya Paloh Ternyata Kena 'Prank'? Gagal Ketemu Jokowi di London, Malah Berakhir Hadapi Luhut Surya Paloh Ternyata Kena 'Prank'? Gagal Ketemu Jokowi di London, Malah Berakhir Hadapi Luhut Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar