Breaking News

Gunung Arab Menghijau Disebut Pertanda Kiamat, Ini Penjelasan Muhammadiyah


Area pegunungan Makkah, Arab Saudi tiba-tiba menghijau. Suburnya tanah kelahiran agama Islam ini menjadi tanda tanya.

Fenomena langka ini disambut gembira sebagian orang, namun tidak sedikit yang kemudian dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat. Hadisnya berbunyi sebagai berikut:

“Kiamat tidak akan dimulai sampai bumi Arab kembali menjadi tanah lapang penuh tumbuhan dan sungai-sungai mengalir.”

Dengan mengutip hadis yang diriwayatkan Muslim, Ibnu Hibban, Ahmad, dan lain-lain ini, umat Islam banyak yang menyimpulkan bahwa hari akhir tidak akan lama lagi

Staff Sekretariat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Amiruddin, mengatakan, fenemona menghijaunya pegunungan di Arab Saudi perlu dilihat sebagai fenomena alam biasa yang dapat terjadi karena kuasa Allah.

Dengan kebesaran-Nya, Allah mampu mengubah tanah gersang yang kering menjadi tanah subur yang lembab. Singkatnya, Allah bahkan memiliki kekuatan untuk melawan hukum alam dan determinasi kausalitas sekalipun.

“Ini sebenarnya fenomena alam yang dapat terjadi karena kuasa Allah. Jika orang-orang menghubungkannya dengan hadis tentang Kiamat, mengapa mereka tidak terlebih dahulu menghubungkannya dengan kebesaran Allah?” ucap Amiruddin Senin, 16 Januari 2023.

Amir juga menyarankan agar memandang fenomena ini dalam kacamata burhani. Secara ilmiah, ada kemungkinan, curah hujan yang tinggi dalam durasi yang panjang menjadi penyebab utama tumbuhnya vegetasi.

Karenanya, kata Amir, tidak perlu terlalu cepat menyimpulkan hal tersebut sebagai tanda-tanda kiamat, karena cepat atau lambat, kiamat pasti akan terjadi.

Hal ini sejalan dengan ungkapan Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Divisi Fatwa, Muchammad Ichsan. Dalam Pengajian Tarjih mengatakan bahwa manusia tidak akan mampu memprediksi kedatangan kiamat menggunakan kacamata sains.

Apa yang penting dilakukan saat ini ialah fokus mengerjakan amal salih, dan tidak perlu menerka-nerka kapan akan terjadinya kiamat.

“Manusia bisa saja menghitung-hitung. Tetapi tetap saja kapan terjadinya kiamat itu adalah hak prerogatif Allah. Laa ta’tiikum illa baghtah. Kiamat akan datang secara tiba-tiba. Kita prediksinya begitu, tetapi ternyata tidak seperti yang kita prediksi,” pungkasnya.

Sumber: herald
Foto: Pegunungan Makkah yang diselimuti warna hijau untuk pertama kalinya terjadi. (Foto: Haramain Sharifain/Facebook)
Gunung Arab Menghijau Disebut Pertanda Kiamat, Ini Penjelasan Muhammadiyah Gunung Arab Menghijau Disebut Pertanda Kiamat, Ini Penjelasan Muhammadiyah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar