Breaking News

Daftar Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Disarankan Mundur sebagai Menteri BUMN


Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari menilai akan muncul konflik kepentingan jika Menteri BUMN, Erick Thohir juga menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sebab, kata Feri, BUMN pada dasarnya menjalankan bisnis untuk negara. Sementara, banyak kegiatan bisnis yang dilakukan PSSI dalam kegiatan sepak bola.

"Tentu saja ada konflik kepentingan ya. BUMN itu adalah, dalam tanda kutip perusahaan bisnis negara. Sementara PSSI adalah bisnis, salah satu bisnis besar dalam bidang olah raga," ujar Feri dikutip dari suara.com, Minggu (15/1/2023).

Menurut Feri, seorang menteri harus mengedepankan profesionalitas dalam bekerja. Jika mengemban jabatan lain, maka menteri yang bersangkutan tidak bisa fokus dalam melakukan pekerjaannya.

"Menjadi ketua PSSI sama saja dia tidak fokus dan serius untuk menjalankan tugas kementerian yang menjadi tanggung jawabnya," tegas Feri.

Untuk itu, Feri menyarankan, jika Erick fokus menjadi Ketum PSSI, lebih baik mengundurkan diri, agar Kementerian BUMN bisa tetap berjalan dengan baik dan tidak terganggu karena Erick mengurus persiapan menjadi Ketum PSSI atau setelah terpilih nanti.

"Dia harus tertib untuk kemudian berpikir berhenti dari jabatannya yang ada saat ini, agar kemudian kementerian bisa berjalan baik, tidak rangkap jabatan," jelasnya.

Meskipun demikian, menurut Feri, memang tidak ada aturan yang melarang menteri rangkap jabatan dalam badan organisasi lain. Namun, ia menyebut hal ini merupakan pelanggaran etika yang seharusnya dipatuhi pejabat negara.

"Ini di titik tertentu panggilan etika ya, patut tidak patut seorang menteri BUMN mencalonkan diri sebagai ketua pssi. Oleh karena itu, ini sebuah pelanggaran etis yg luar biasa. Belum lagi soal profesionalitas seorang menteri di bawah kabinet Presiden Joko Widodo," katanya.

Diketahui, Erick Thohir memastikan diri maju sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ia mendafarkan diri ke ke Kantor PSSI di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Erick mengaku, alasan mencalonkan diri sebagai Ketum PSSI karena merasa terpanggil dan punya nyali untuk membenahi karut-marutnya sepakbola Indonesia.

Sumber: suara
Foto: Erick Thohir diantar oleh komunitas sepak bola nasional untuk mengembalikan berkas pendaftaran sebagai calon ketua umum PSSI. (Dok. Tim Erick)
Daftar Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Disarankan Mundur sebagai Menteri BUMN Daftar Jadi Caketum PSSI, Erick Thohir Disarankan Mundur sebagai Menteri BUMN Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar