Breaking News

Astaghfirullah, Rasmus Paludan Bakar Al Quran di Depan Kedubes Turki


Aktivis sayap kanan ekstrem asal Denmark kembali berulah. Kemarin, Sabtu (21/1/2023), ia mendapat izin polisi untuk menggelar unjuk rasa di luar Kedutaan Besar (Kedubes) Turki untuk Swedia di Stockholm. Di tengah-tengah demo, Paludan tiba-tiba membakar Kitab Suci Al Qur’an.

Dengan dikelilingi polisi, Rasmus Paludan menggelar unjuk rasa sambil melontarkan pernyataan-pernyataan yang melecehkan para imigran dan Agama Islam.

“Selamat datang di unjuk rasa hari ini. Saya Rasmus Pauldan dan saya akan mulai menyampaikan pernyataan saya dalam Bahasa Inggris kepada rakyat Turki dan diktator Islam Recep Tayyp Erdogan," katanya dilansir VOA, Minggu (22/1/2023

Sekitar 100 orang lainnya berkumpul di dekat lokasi itu untuk menggelar unjuk rasa damai tandingan.

Melalui Twitter, pejabat Turki mengutuk aksi protes dengan membakar Al-Qur’an dan juga mengutuk pihak berwenang Swedia karena mengizinkan aksi tersebut.

Pejabat Swedia telah menekankan bahwa kebebasan berekspresi dijamin oleh Konstitusi Swedia dan memberi siapa saja hak yang luas untuk mengekspresikan pandangan mereka di depan umum. Namun, hasutan untuk melakukan kekerasan atau ujaran kebencian tidak diperbolehkan.

Demonstran harus mengajukan permohonan kepada polisi untuk mendapatkan izin menggelar pertemuan publik.

Polisi dapat menolak izin tersebut hanya untuk alasan yang luar biasa, seperti risiko terhadap keselamatan masyarakat.

Turki juga mengumumkan pada Sabtu (21/1) bahwa pihaknya membatalkan rencana kunjungan Menteri Pertahanan Swedia pada 27 Januari mendatang sebagai tanggapan atas pemberian izin unjuk rasa anti-Turki oleh aktivis Negara Nordik itu.

Pembatalan lawatan itu adalah reaksi terbaru dari Turki.

Sementara itu, Turki, yang juga negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO (North Atlantic Treaty Organization), menunda memberikan persetujuan atas pengajuan keanggotaan Swedia ke dalam aliansi pertahanan itu hingga pemerintah Swedia menindak kelompok-kelompok yang dianggap Ankara sebagai ancaman keamanan. 

Foto: Rasmus Paludan di depan Kedubes Turki/Net
Astaghfirullah, Rasmus Paludan Bakar Al Quran di Depan Kedubes Turki Astaghfirullah, Rasmus Paludan Bakar Al Quran di Depan Kedubes Turki Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar