Breaking News

Segini Besaran Gaji PM Malaysia yang Ditolak Anwar Ibrahim


Perdana Menteri Malaysia terpilih Anwar Ibrahim secara resmi memulai tugasnya pada Jumat, 25 November 2022 lalu. Ia menjadi PM Malaysia menggantikan Ismail Sabri Yakoob.

Salah satu sorotan publik adalah pernyataannya soal enggan mengambil gaji sebagai PM Malaysia. “Saya tidak akan mengambil gaji sebagai perdana menteri,” ujar Anwar dilansir oleh New Straits Times pada Senin, 14 November 2022. 

Berapa Gaji PM Malaysia Anwar Ibrahim?

Berdasarkan pengakuan Anwar Ibrahim seperti dilansir oleh Bisnis, gaji PM Malaysia berkisar 80.000 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 280,8 juta per bulan.

“Saya malu mengambil gaji RM80.000 ketika orang asli desa yang saya kunjungi sulit mendapatkan RM400 (setara Rp 1,4 juta) sebulan. Begitu juga dengan orang yang menerima RM1.500 (gaji minimum di Malaysia, setara Rp 5,2 juta),” ujar Anwar kepada New Straits Times pada Senin, 14 November 2022.

Sementara itu, dikutip dari MalaysiaKini, berdasarkan undang-undang yang berlaku hingga 2010, PM Malaysia menerima gaji sekitar RM22.826 sejak 2004. Gaji ini setara dengan sekitar Rp 80 juta per bulan. 

Selain itu, anggota parlemen di Malaysia dikabarkan menerima RM16.000 atau setara dengan Rp 56,2 juta.

Namun, dengan sejumlah tunjangan, kemungkinan gaji PM Malaysia dapat mencapai hingga RM80.000 atau Rp280,8 juta per bulan sebagaimana pernyataan Anwar Ibrahim.

Tolak Gaji, Pakai Sepatu Belasan Juta

Meskipun Anwar Ibrahim mengaku enggan menerima gajinya sebagai PM Malaysia, belakangan ia tepergok mengenakan sepatu seharga Rp19 juta atau RM5.500.

Ketika disinggung oleh salah seorang warganet asal Malaysia, Anwar Ibrahim berdalih bahwa sepatu tersebut merupakan hadiah dari Sultan Johor.

“Itu hadiah dari Tuanku Sultan Johor dua tahun lalu. Silakan kalau mau nanya-nanya ke saya, tapi jangan membawa narasi fitnah," kata Anwar di Twitter seperti dikutip dari Free Malaysia Today pada Selasa, 29 November 2022. 

Anwar Ibrahim diketahui mengenakan sepatu tersebut saat berjumpa dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah pada Senin, 28 November 2022 lalu.

Sumber: tempo
Foto: Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim/Net
Segini Besaran Gaji PM Malaysia yang Ditolak Anwar Ibrahim Segini Besaran Gaji PM Malaysia yang Ditolak Anwar Ibrahim Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar