Breaking News

Panda Nababan Ungkap Hubungan Dingin Jokowi-JK di Periode Pertama, Andi Widjajanto Sempat Jadi Korban


Politisi senior PDIP, Panda Nababan mengungkap hubungan dingin antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla atau JK. Pada saat itu, Andi Widjajanto selaku Sekretaris Kabinet menjadi kambing hitam di tengah hubungan dingin Jokowi dan JK.

Panda menceritakan kala itu JK mengeluh kepadanya terkait pernyataan Jokowi. Jokowi mengatakan bahwa setiap keputusan presiden ataupun instruksi presiden itu harus dibacakan oleh wakil presiden sebelum ditandatangani.

Akan tetapi, hal tersebut tidak dilaksanakan oleh Andi.

"Dalam pelaksanaannya Andi Widjajanto, Setkab nggak dikasih (keputusannya) ke JK, diteken presiden, presiden anggap sudah dibaca JK," kata Panda dalam Podcast Total Politik yang dikutip Suara.com, Minggu (4/12/2022).

Panda yang mendengar soal itu langsung mengonfirmasi kepada Andi. Andi membenarkan perihal pernyataan Jokowi yang sempat disampaikan dalam sidang kabinet tersebut. Namun, Andi menggarisbawahi bahwa tidak ada aturan yang mewajibkan wakil presiden harus membaca keputusan presiden sebelum ditandatangani.

Akibatnya, Pandi menyebut Andi yang menjadi korban.

"Atas peristiwa itu Andi nggak ditegur," ucapnya.

Lama beranjak dari situasi itu, Panda pernah mengecek kepada Jokowi soal hubungannya dengan JK di Istana Bogor, Jawa Barat.

Saat ditanya Panda, Jokowi menyatukan tangannya dan merapatkan jari-jarinya. Itu menjadi contoh Jokowi bagaimana hubungannya bersama JK.

"Dia ambil kedua telapak tangannya seperti jari-jari ini lah aku sekarang dengan dia, kami dua kompak. Waduh senang lah ini bangsa yang bergembira lah."

Sumber: suara
Foto: Politisi senior PDIP, Panda Nababan ungkap sikap Presiden Jokowi saat menjadi tameng menterinya yang tidak mau bertemu JK. (Tangkap Layar)
Panda Nababan Ungkap Hubungan Dingin Jokowi-JK di Periode Pertama, Andi Widjajanto Sempat Jadi Korban Panda Nababan Ungkap Hubungan Dingin Jokowi-JK di Periode Pertama, Andi Widjajanto Sempat Jadi Korban Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar