Breaking News

Rupiah Terus Melemah, Rizal Ramli: Akan Membuat Inflasi Makanan Meningkat!


Begawan Ekonomi Rizal Ramli, kembali menyoroti lemahnya nilai Rupiah dan semakin meningkatnya inflasi makanan.

Rizal temandang, melemahnya nilai Rupiah akan terus berlanjut. Hal itu dikarenakan Indonesia tidak mampu mengurangi pengeluaran dan beban utang yang semakin besar.

"Cicilan Pokok dan Bunga naik menjadi Rp 830 Trilliun. Rupiah yang semakin melemah akan membuat inflasi makanan meningkat! RI tidak berdaulat dalam bidang pangan karena Mentri-menteri Rent-Seekers," ujar Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu.

Kabarnya, Rupiah kembali terpuruk melawan dolar Amerika Serikat (AS) di awal perdagangan Jumat (4/11/2022), bahkan menjadi yang teburuk di Asia.

Melansir data Refinitiv, rupiah langsung melemah 0,19% ke Rp 15.725/US$ saat pembukaan perdagangan. Depresiasi bertambah menjadi 0,29% ke Rp 15.740/US$ pada pukul 9:03 WIB. Level tersebut merupakan yang terlemah sejak April 2020.

Buruknya kinerja rupiah terlihat jika dibandingkan mata uang utama Asia lainnya. Beberapa masih mampu menguat meski tipis saja.

Tercatat rupiah melemah sekitar 9%, hanya kalah dari dolar Singapura yang melemah sekitar 5%.

Bank sentral AS (The Fed) yang kembali menaikkan suku bunga 75 basis poin kemarin menjadi 3,75% - 4% membuat dolar AS semakin perkasa. Selain itu, yield obligasi (Treasury) juga mengalami kenaikan.

Hal tersebut berisiko memicu capital outflow lagi dari pasar obligasi Indonesia. Hal ini disampaikan Faisal Rachman, Ekonom PT Bank Mandiri Tbk dalam risetnya, Kamis (3/11/2022).

Kenaikan suku bunga acuan AS dimungkinkan tidak akan berhenti di sini, namun sampai semester I 2023. Begitu juga dengan Eropa, karena masih tingginya inflasi.

Sumber: fajar
Foto: Rizal Ramli/Net
Rupiah Terus Melemah, Rizal Ramli: Akan Membuat Inflasi Makanan Meningkat! Rupiah Terus Melemah, Rizal Ramli: Akan Membuat Inflasi Makanan Meningkat! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar