Breaking News

PM Kishida Semakin Goyah, Tiga Menteri Jepang Mundur Dalam Sebulan


Pengunduran diri Menteri Dalam Negeri Jepang Minoru Terada pada Minggu (20/11) menjadi pukulan keras bagi Perdana Menteri Fumio Kishida yang sudah goyah karena berbagai skandal.

Keluarnya Terada, menandai ketiga kalinya menteri dalam kabinet Kishida mengundurkan diri hanya dalam waktu satu bulan.

Terada memilih untuk menyerahkan jabatannya setelah media melaporkan jika perdana menteri bersiap untuk memecatnya.

Menteri Dalam Negeri itu juga telah dikecam karena beberapa skandal pendanaan dan mengakui bahwa salah satu kelompok pendukungnya telah menyerahkan dokumentasi pendanaan yang seolah-olah ditandatangani oleh orang yang telah meninggal.

Meski tak memberikan konfirmasi soal laporan pemecatan, kantor Kishida mengatakan telah menerima surat pengunduran diri dari Terada.

PM Kishida dalam sebuah pernyataan kemudian meminta maaf atas mundurnya tiga menteri dalam kabinet sejak 24 Oktober lalu.

"Saya merasakan tanggung jawab yang berat," katanya seperti dimuat Reuters.

Perdana Menteri juga berencana menunjuk pengganti Terada pada Senin pagi (21/11).

Mantan menteri luar negeri Takeaki Matsumoto, diprediksi akan diangkat untuk mengisi jabatan tersebut.

Kepergian Terada dinilai akan membuat Kishida semakin lemah, terutama setelah ia banyak dikecam setelah kematian mantan PM Shinzo Abe.

Dalam beberapa jajak pendapat baru-baru ini, Elektabilitasnya tetap di bawah 30 persen, yang akan mempersulit Kishida untuk menjalankan agenda politik.

Menteri revitalisasi ekonomi Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri pada 24 Oktober karena hubungannya dengan kelompok agama.

Pada pertengahan November, Menteri kehakiman Yasuhiro Hanashi menjadi yang kedua mengundurkan diri karena komentar yang dianggap meremehkan tanggung jawab pekerjaannya, khususnya penandatanganan eksekusi.

Pengunduran diri Hanashi dan Terada kemungkinan akan sangat menyakitkan karena mereka adalah anggota faksi Kishida di  Partai Demokrat Liberal (LDP).

Sumber: rmol
Foto: Menteri Dalam Negeri Jepang, Minoru Terada/Net
PM Kishida Semakin Goyah, Tiga Menteri Jepang Mundur Dalam Sebulan PM Kishida Semakin Goyah, Tiga Menteri Jepang Mundur Dalam Sebulan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar