Breaking News

Pengantin Baru Wajib Lafalkan Pancasila & Nyanyi Lagu Nasional, Sejarawan: Satu Langkah Menuju Fasisme


Sejarawan, Bonnie Triyana, mengomentari Kantor Kementerian Agama Kulonprogo Yogyakarta yang mewajibkan pasangan pengantin melafalkan Pancasila usai ijab kabul.

Tidak hanya itu, pasangan pengantin juga wajib menyanyikan lagu Garuda Pancasila setelah proses ijab kabul sebagai bentuk patriotisme nasionalisme.

Bonnie menilai diwajibkannya pengantin melafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila merupakan hal yang tidak penting.

Ia mengatakan untuk menunjukkan pemahaman nasionalisme tidak perlu dilakukan dengan cara-cara seperti itu.

“Gak penting sama sekali. Gak gini juga memahami nasionalisme,” ujar Bonnie melalui akun Twitter-nya pada Minggu (13/11).

Pegiat Museum Multatuli itu lantas mengatakan bahwa apa yang diwajibkan oleh Kantor Kementerian Agama Kulonprogo itu mendekati ultra-nasionalis.

“Ini mah nyerempet-nyerempet ultra-nasionalis, satu langkah menuju fasisme. Udah deh...” ujar Bonnie.

Bahkan, ultra-nasionalis sama saja dengan selangkah lagi menuju fasisme. Oleh karena itu, menurutnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.
Sumber: wartaekonomi
Foto: Pengantin Baru Wajib Lafalkan Pancasila/Net
Pengantin Baru Wajib Lafalkan Pancasila & Nyanyi Lagu Nasional, Sejarawan: Satu Langkah Menuju Fasisme Pengantin Baru Wajib Lafalkan Pancasila & Nyanyi Lagu Nasional, Sejarawan: Satu Langkah Menuju Fasisme Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar