Breaking News

Jokowi Nggak Bakal Berani Langsung Melawan Surya Paloh Soal Anies Baswedan, Refly Harun Sebut Pakai Upaya Lain: Penjegalan!


Kabar renggangnya hubungan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyeruak di ruang publik setelah deklarasi dukungan ke Anies Baswedan.

Muncul desakan agar Jokowi segera mendepak NasDem karena memilih sosok Anies yang disebut sebagai antitesa seorang Jokowi.

Menanggapi hal ini, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun angkat suara. Menurut Refly Jokowi tidak akan berani langsung ambi sikap ke Surya Paloh dan NasDem terkait Anies Baswedan. Jokowi akan menggunakan cara lain memastikan sosok Anies tidak akan bisa maju di Pilpres 2024.

“Jokowi tidak mau berkonfrontasi dengan Surya Paloh yang memiliki resources, tetapi ada faktor lain yang sebenarnya sekarang ini sedang diupayakan yaitu bagaimana menjegal koalisi ini. Makanya ada upaya misalnya merayu PKS, ada upaya menskenariokan Demokrat ditarik KIB, dsb,” jelas Refly melalui kanal Youtube miliknya, dikutip Senin (14/11/22).

Mengenai alasan Jokowi tak berani langsung berhadapan dengan Surya Paloh untuk menindak NasDem, Refly dalam analisisnya menyebut kekuatan seorang Surya Paloh bisa membuat bahkan seorang Jokowi enggan untuk melawannya.

“Karena kita harus pahami yang namanya Surya Paloh ini punya kekuatan sendiri. Sebagai oposisi dia tidak bisa dipandang sebelah mata. Kenapa? Karena dia punya resources yang tidak dipunyai Demokrat dan PKS, salah satunya media, baik cetak maupun televisi,” jelas Refly.

Refly menilai Jokowi tak akan nekat menendang NasDem tanpa strategi terlebih dahulu karena risiko menghadapi Surya Paloh akan berdampak besar.

Dengan apa yang Surya Paloh pegang, menurut Refly bakal jadi boomerang ke Jokowi sendiri apabila secara terang-terangan Jokowi tak suka dengan pilihan memilih Anies Baswedan.

“Ini bisa dipakai efektif untuk mengkampanyekan kepentingan mereka. Kalau seandainya dia berada di posisi oposisi maka tidak ada halangan lagi untuk mengkritik pemerintah,” lanjut Refly.

Terkait desakan yang ada mengenai NasDem di Pemerintahan, Refly justru bertanya-tanya mengapa Surya Paloh atau NasDem harus mundur dari pemerintahan.

Bukannya tanpa asalan, menurut Refly seharusnya Presiden Jokowi sendiri yang harus ambil sikap tegas ke NasDem. Selama Jokowi tak mengambil sikap, artinya Jokowi masih membutuhkan.

“Kalau disuruh mengundurkan diri, what for? Kenapa harus mengundurkan diri?” jelas Refly.

“Presiden Jokowi yang bersikap yaitu dia yang menendang Surya Paloh dan NasDem dari kabinet, jadi bukan disuruh mereka mengundurkan diri,” jelas Refly.

Sumber: wartaekonomi
Foto: Presiden Joko Widodo/Net
Jokowi Nggak Bakal Berani Langsung Melawan Surya Paloh Soal Anies Baswedan, Refly Harun Sebut Pakai Upaya Lain: Penjegalan! Jokowi Nggak Bakal Berani Langsung Melawan Surya Paloh Soal Anies Baswedan, Refly Harun Sebut Pakai Upaya Lain: Penjegalan! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar