Breaking News

Gus Yahya Sampaikan Duka Mendalam untuk Filep Jacob, Netizen: NU Mendukung Papua Merdeka?


Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, menyampaikan duka mendalam kepada salah satu pimpinan Organisasi Papua Merdeka, Filep Jacob Samuel Karma, yang meninggal pada Selasa, 1 November 2022, lalu.

Ucapan belasungkawa itu dituliskan pria yang akrab disapa Gus Yahya melalui akun twitternya, @YahyaCStaquf, pada Rabu (2/11/2022).

"Selamat jalan kawan, pejuang kemanusiaan dan kesetaraan," tulis Yahya Cholil Staquf, dikutip fajar.co.id pada Jumat (4/11/2022).

Cuitan itu juga dilengkapi dengan gambar ucapan belasungkawa disertai foto mendiang Filep. Pada foto itu tampak narasi ucapan duka bertuliskan "Turut Berduka Cita. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Filep Jacob Samuel Karma. Tokoh Papua, Pejuang Kemanusiaan dan Kesetaraan, Selasa, 1 November 2022. KH. Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU," demikian narasi dalam gambar itu.

Cuitan itu pun ramai dikomentari netizen. Pasalnya, mendiang Filep Jacob Samuel Karma, diketahui sebagai salah pimpinan separatis Papua yang menyebabkan banyaknya anggota TNI, Polri, bahkan warga sipil jadi korban jiwa. Bahkan, negara telah menyatakan KKB Papua sebagai teroris.

"Separatis dianggap pejuang kemanusiaan. Berapa bnyak anak bangsa yg mati karena ulah mereka. Hebat, sekalian jga dukung Papua Merdeka," tulis salah satu netizen membalas cuitan Gus Yahya.

"Pejuang kemanusiaan? Bah!! TNI banyak gugur di tangan anak buahnya..gak ikhlas aku mah. NKRI harga mati di bibir doang..," kritik lainnya.

"Manusia ini不不….. ko bisa bilang kawan ke yang sudah divonis MAKAR pada negara INDONESIA ini 不不 Mohon agar @DPR_RI serta @jokowi juga @nu_online diperhatikan Cuitan ini …. apakah merasa paling NKRI 不不 gerakan OPM sudah Di cap TERORIS..," cuap lainnya.

"Loh sudah diralat pak? Jadinya NU ini mendukung papua merdeka apa engga pak?," tanya lainnya.

"Katanya NKRI harga MATI….!!! PEMBERONTAK dibilang PEJUANG," kritik lainnya.

Untuk diketahui, Filep Jacob Samuel Karma adalah tokoh pejuang kemerdekaan Papua. Dia sempat memimpin pengibaran bendera Bintang Kejora di Biak pada 1998 dan akhirnya dipenjara. Namun dua tahun kemudian dia dibebaskan.

Pada 2004, dia kembali melakukan aksi serupa sehingga dituduh makar. Ia dituduh berkhianat setelah menggelar peringatan kemerdekaan pada 1 Desember 2004. Filep dihukum 15 tahun penjara namun akhirnya dibebaskan pada 19 November 2015.

Filep bebas pada 2015 setelah mendapat remisi dari pemerintahan Joko Widodo, remisi yang sebetulnya ia tolak. 

Sumber: fajar
Foto: Tangkapan Layar Twitter.
Gus Yahya Sampaikan Duka Mendalam untuk Filep Jacob, Netizen: NU Mendukung Papua Merdeka? Gus Yahya Sampaikan Duka Mendalam untuk Filep Jacob, Netizen: NU Mendukung Papua Merdeka? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar