Breaking News

Endorse Jokowi Pada Si Rambut Putih, Etiskah?


PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memang penebar janji yang jitu. Terkadang menebar janji terang-terangan, tapi terkadang perlu dengan samar-samar, meski yang dimaksudkan itu semua orang mampu menangkap siapa yang disasarnya.

Terkadang sambil perlu juga ia menyentil dengan mengecilkan pihak lain dengan istilah yang dibuatnya. Sentilannya pun semua orang bisa menerka diarahkan ke mana, dan atau ditujukan pada siapa.

Tebar janji bagi seorang Jokowi, itu seperti sudah jadi kebiasaan yang sulit bisa dihindari, sudah jadi kebiasaan. Tebar janji bahkan pada hal yang tidak etis, perihal kepemimpinan nasional sekalipun, Jokowi seolah penentu siapa yang nantinya jadi penggantinya.

Soal yang semestinya bukan ranah untuk diungkap, berkenaan dengan suksesi kepemimpinan nasional, dikomentari Jokowi dengan begitu nafsunya. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan presiden sebelumnya, tapi jadi kebiasaan Jokowi  memunculkan. 

Dalam berkomunikasi pun Jokowi memilih gaya tidak biasa. Gaya komunikasi aneh buat manusia sewajarnya, di mana antara yang ada di pikiran dengan apa yang dimunculkan dari mulutnya tidak sama. Tidak sinkron. Sehingga sulit bisa menebak apakah yang diomongkan itu hal sebenarnya, atau hanya sekadar gimmick, karena bisa berubah secepat membalik telapak tangan.

Ada kebiasaan Jokowi, mungkin dimaksudkan agar bisa menyenangkan seseorang yang ditemuinya sesaat, dan lalu yang muncul dari mulutnya semacam janji-janji yang diberikan. Orang biasa menyebut itu dengan angin surga. Adalah Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI, yang juga Ketua Umum Gerindra belum lama yang lalu juga merasakan angin surga Jokowi itu.

Jokowi saat menghadiri undangan ultah Partai Perindo, yang juga dihadiri Prabowo Subianto--kandidat Capres Partai Gerindra--Jokowi mengatakan secara eksplisit,  bahwa penggantinya yang akan datang adalah Prabowo Subianto. Mendengar itu Prabowo dengan sikap sigap memberi hormat pada Jokowi. Angin surga itu perlu diulang Jokowi hingga dua kali, dan dua kali pula Prabowo berdiri sigap memberi hormat.

Jauh sebelum itu, dalam acara Pro Jokowi (Projo), jelas-jelas Jokowi menyebut penggantinya selanjutnya, tidak perlu kesusu disebut  namanya. Tapi kode keras dimunculkan, meski yang bersangkutan "mungkin hadir di sini". Saat itu, yang hadir dalam acara Projo, di antaranya Ganjar Pranowo, yang memang digadang-gadang sebagai capres. Meski namanya tidak disebut, pastilah Ganjar Pronowo yang dituju Jokowi.

Kedekatan Jokowi dengan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, itu bukan rahasia umum. Sepertinya Jokowi amat berharap benar agar penggantinya itu Ganjar. Sehingga segala cara tak wajar dilakukan. Konon, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)--terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP--itu tiket yang disediakan Jokowi sebagai persiapan jika saja Ganjar tak dapat tiket dari PDIP. Memangnya Jokowi punya kekuatan sampai bisa "mengondisikan" 3 partai yang berkoalisi untuk memilih Ganjar? Kita lihat saja nanti.

Semua sepertinya bisa dilakukan Jokowi, power full. Bahkan akhir-akhir ini, Jokowi pede bicara tidak saja ngelantur seperti khasnya, tapi menyentil seseorang yang tidak disukainya. Pastilah itu hal yang tidak selayaknya dilakukan, keluar dari kepatutan (etika). Tapi itulah Jokowi, dan semua seolah dibuat jadi memakluminya.

Pagi kemarin, Sabtu, (26 November 2022), pada gelaran Nusantara Bersatu di GBK, Jokowi terang-terangan meng-endorse agar memilih si rambut putih, dan wanti-wanti pada relawan yang hadir di sana agar tidak memilih yang wajahnya cling, bersih tidak ada kerutan dalam Pilpres 2024 nanti.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya itu keliatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada. Ada."

Tidak cukup sekali, tapi perlu sampai dua kali Jokowi mengulang, mungkin biar para relawan yang hadir di situ hafal betul kata per kata arahannya.

"Saya ulang. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya  cling bersih tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya putih semuanya, ini mikir rakyat ini," ucap Jokowi sambil sumringah wajahnya tanda bahagia.

Pemimpin yang di-endorse nya berambut putih, itu pastilah menunjuk pada Ganjar Pranowo. Sedang yang berwajah cling bersih, itu pastilah menunjuk pada Anies Baswedan. Inilah politik pembelahan khas Jokowi, dan ia seperti orang yang bicara demikian tanpa beban. Tanpa memikirkan dampak polarisasi yang muncul lebih keras lagi dalam masyarakat, utamanya masyarakat lapis bawah.

Mengumpulkan relawan di GBK, itu banyak yang menyebut kekhawatiran Jokowi akan elektabilitas Anies yang makin tak terkejar. Maka, perlu digeber pertemuan relawan nasional, ingin menunjukkan kekuatan yang masih dipunya Jokowi. Tentu tidak sedikit uang dihamburkan untuk menghelat acara itu, entah berapa ratus bis dikerahkan dari berbagai daerah. Rasanya acara itu lebih penting sehingga mampu mengubur rasa empati pada bencana gempa Cianjur.

Kehadiran Anies Baswedan, calon presiden dari Partai NasDem di beberapa daerah memang mendapat sambutan luar biasa. Sambutan yang tanpa perlu dimobilisasi. Relawan Anies itu real, datang dengan kesadaran yang terbangun dengan sendirinya, tanpa perlu gula-gula manis meski  selembar rupiah. Endorse Jokowi pada si rambut putih, atau siapa pun yang di-endorse nya, menurut lembaga survei Kompas, jika didapatkan cuma akan menolong 15% saja suara. Sedang Anies si wajah cling bersih--ganteng, dong--elektabilitasnya makin naik dan rasanya sulit dibendung. Bisa jadi itu sebab yang sampai Jokowi perlu endorse si rambut putih, meski menubruk etika kepatutan. (*)

Oleh Ady Amar
Kolumnis 

Sumber: fnn
Foto: Presiden Joko Widodo/Net

Disclaimer: Rubrik Kolom adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan oposisicerdas.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi oposisicerdas.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.
Endorse Jokowi Pada Si Rambut Putih, Etiskah? Endorse Jokowi Pada Si Rambut Putih, Etiskah? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar