Breaking News

Ahok Diduga Sindir Anies Baswedan Ahli Tata Kata, Jusuf Kalla: Pilih Mana, Pintar Bicara apa Pintar Marah?


Eks Wakil Presiden Jusuf Kalla membicarakan sejumlah hal dengan akademisi Rocky Gerung di podcast besutan kanal YouTube RGTV channel ID.

Salah satunya perihal pentingnya menjaga komunikasi politik. Menurut JK, cara itu terbukti membuat hubungannya dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri tetap terjaga dengan baik sekalipun JK pernah mengalahkannya di Pemilihan Presiden 2004.

"Saya 2004 saya kalahkan dia. Saya menteri, saya mohon, permisi. Kenapa sampai sekarang saya tetap punya hubungan baik, Bu Mega juga baik dengan kita semua, padahal saya lawan dia di 2004," ujar JK, dikutip Suara Manado pada Kamis (24/11/2022).

JK kemudian membandingkan nasibnya dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang disebut-sebut punya hubungan kurang baik dengan Megawati.

"SBY tidak disenangi karena tidak minta izin, saya minta izin dengan baik," sambungnya. "Itu hanya cara saja sebenarnya, untuk berhubungan (baik)."

Pengalamannya ini yang membuat JK meyakini cara berkomunikasi sangat mempengaruhi dalam berpolitik. Bahkan JK menduga hal ini pula yang membuat Anies Baswedan bisa meraih banyak simpati publik.

"Kalau boleh mengatakan, kenapa Anies ini (disenangi publik) karena cara dia berbicara," tutur JK.

Wapres yang pernah mendampingi SBY sekaligus Presiden Joko Widodo itu tak menampik kemampuan berbicara serta mencitrakan diri dengan baik sangat penting dalam dunia politik.

JK bahkan kemudian menyenggol sedikit sindiran eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok yang diduga pernah menyindir Anies sebagai sosok yang pandai berbicara.

"Walaupun dikatakan oleh Ahok, 'Wah karena pintar bicara, pintar ngomong'. Ya (lebih) mana suka, yang pintar bicara atau pintar marah? Ahok kan marah," pungkas JK.

JK Bakal Jadi King Maker Anies Baswedan?

Jusuf Kalla sendiri diketahui punya kedekatan yang cukup baik dengan Anies Baswedan. JK disebut-sebut sebagai bapak asuh Anies yang banyak membimbing karier politik sang mantan Gubernur DKI Jakarta.

Akademisi Rocky Gerung kemudian mempertanyakan apakah JK juga akan menjadi king maker Anies di Pilpres 2024 atau tidak.

"Ada kecurigaan Jusuf Kalla akan jadi king maker buat Anies. Orang baca bahasa tubuh Pak JK, apakah Pak JK apa akan mengasuh Anies atau akan memanfaatkan suara Golkar?" kata Rocky, dikutip dari WartaEkonomi.co.id -- jaringan Suara.com, Kamis (24/11/2022).

"Gampangannya Airlangga apa Anies? Karena Pak JK punya resources ekonomi dan politik yang besar," sambungnya.

Disebutnya nama Airlangga Hartarto tentu karena JK yang punya afiliasi dekat dengan Partai Golkar. Lalu seperti apa respons JK?

Rupanya JK mengaku memiliki preferensi tersendiri terkait sosok capres yang akan didukungnya dua tahun mendatang. "Sebagai pribadi saya punya prinsip. Saya memiliki kriteria, saya punya obyektivitas," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Jusuf Kalla/Net
Ahok Diduga Sindir Anies Baswedan Ahli Tata Kata, Jusuf Kalla: Pilih Mana, Pintar Bicara apa Pintar Marah? Ahok Diduga Sindir Anies Baswedan Ahli Tata Kata, Jusuf Kalla: Pilih Mana, Pintar Bicara apa Pintar Marah? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar