Breaking News

Analisis Data Medsos: AHY Kandidat Cawapres Terpopuler dan Positif di Medsos


Analisis data media sosial dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (Indef) untuk mengetahui perhatian publik terhadap figur calon pemimpin Indonesia yang akan dipilih pada Pilpres 2024.

Peneliti senior Indef, Omar Abdillah menerangkan, pihaknya merekam dalam Big Data Continuum Indef sejak Juli hingga September 2022 terkait dengan figur cawapres yang paling banyak diperbincangkan publik di Twitter.

"Tokoh yang paling diperbincangkan sebagai cawapres adalah Agus Yudhoyono, 708 perbincangan," ujar Omar dalam keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (31/10).

Sementara itu, di posisi setelah Ketua Umum Partai Demokrat itu ada nama Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang diperbincangkan 322 perbincangan.

"Kemudian disusul Erick Thohir 87 persebincangan, Ridwan Kamil 80, Airlangga Hartarto 52, dan Sandiaga Uno 32," urainya.

Lebih dari itu, Omar juga mencatat nama AHY menempati urutan kedua dalam kategori perbincangan positif pengguna Twitter terkait sosok bakal cawapres 2024.

"Bakal cawapres dengan perbincangan positif paling tinggi adalah Muhaimin Iskandar 96,38 persen, disusul Agus Yudhoyono 85,04 persen, Ridwan Kamil 81,79 persen, dan Erick Thohir 80,89 persen," demikian Omar.

Hasil analisis data Indef ini diperoleh setelah menerapkan metodelogi analisis data media sosial (medsos) Twitter melalui proses mesin analisis penghapus twit yang berasal dari robot/BOT dan buzzer. 

Sumber: rmol
Foto: Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Net
Analisis Data Medsos: AHY Kandidat Cawapres Terpopuler dan Positif di Medsos Analisis Data Medsos: AHY Kandidat Cawapres Terpopuler dan Positif di Medsos Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar