Breaking News

PA 212 Bakal Demo di Depan Istana, 6.142 Pasukan Dikerahkan untuk Pengamanan


Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan ada 6.100 aparat gabungan TNI-Polri yang dikerahkan untuk menjaga demo tolak kenaikan BBM yang akan digelar PA 212 hari ini.

"Untuk seluruh wilayah Jakarta Pusat tersebar sebanyak 6.100 personel gabungan TNI Polri," katanya melalui pesan singkat, Senin, 12 September 2022.

Demo menolak kenaikan harga BBM ini akan dilakukan di sekitar kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya dan depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Usman Latif mengatakan penutupan jalan Medan Merdeka Barat dan Harmoni, Jakarta Pusat, akan dlakukan untuk antisipasi rencana demo tolak kenaikan BBM hari ini.

“Merdeka Barat dan Harmoni akan ditutup,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya.

Hari ini, massa Persatuan Alumni 212 (PA 212) yang terdiri atas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama) dan Front Pembela Islam (FPI) berencana turun untuk demo menolak kenaikan harga BBM di depan Istana Merdeka.

Penutupan jalan tersebut akan dilakukan sejak pukul 11.00. Dengan begitu, arus lalu lintas akan dialihkan. "Mulai jam 11.00 WIB, sehingga arus lalin akan dialihkan,” katanya.

Berdasarkan unggahan akun twitter TMC Polda Metro Jaya akan dilakukan pengalihan lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan akibat demo BBM naik.

“Alih arus dilaksanakan pada hari Senin, 12 September 2022 pukul 10.00 WIB sampai selesai. Masyarakat menuju sekitar Istana Negara agar mencari alternatif lain,” isi unggahan akun twitter TMC Polda Metro Jaya, Senin.

Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan Polda Metro Jaya hari ini

-Dari arah bundaran Hotel Indonesia menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan

-Dari Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional)

-Dari Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/ Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda/ Suryorpranoto

-Jalan Abdul Muis menuju Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu

Demo PA 212 Dimulai Pukul 13.00

Demo PA 212 dengan agenda menolak kenaikan harga BBM itu diperkirakan bakal dihadiri ribuan simpatisan. "Insya Allah siang ini jam 13.00 (demo dimulai)," ujar Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Ma'rif saat dihubungi Tempo, Senin, 12 September 2022.

Selain PA 212, sejumlah organisasi afiliasinya seperti Front Persaudaraan Islam atau FPI dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF) akan ikut serta dalam demo BBM naik pada Senin siang ini. 

Sebelumnya, berbagai kalangan masyarakat, baik mahasiswa, ojek online, serta ormas-ormas lainnya telah melakukan demo tolak kenaikan BBM sejak pemerintah resmi menaikkan harga BBM bersubsidi pada Sabtu, 3 September lalu.

Sumber: tempo
Foto: Massa dari sejumlah ormas Islam melakukan aksi tolak UU Omnibus Law di Patung Kuda Monas, Jakarta, Selasa (13/10/2020). tirto.id/ Andrey Gromico
PA 212 Bakal Demo di Depan Istana, 6.142 Pasukan Dikerahkan untuk Pengamanan PA 212 Bakal Demo di Depan Istana, 6.142 Pasukan Dikerahkan untuk Pengamanan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar