Breaking News

Hentikan Kontroversi, Patung Bung Karno di Tabanan Akhirnya Pindah Lokasi


Setelah cukup lama menuai kontroversi, patung Bung Karno yang ada di Bundaran Kediri, Tabanan, Bali akhirnya dipindahkan ke Taman Bung Karno atau Taman Kota Tabanan.

Hal itu terutama mempertimbangkan permintaan langsung dari masyarakat Desa Adat Banjar Anyar, dan Kediri Tabanan. "Pemindahan ini murni karena adanya aspirasi masyarakat yang disampaikan sejak tahun 2021," kata Kepala Dinas PUPR Tabanan, Made Dedy Darmasaputra, Jumat, (9/9/2022).

Ia menuturkan bahwa selain merelokasi patung Bung Karno, akan ada penataan taman dan kelengkapan taman di sekitar patung tersebut. Adapun dana yang diperlukan dari proses pemindahan hingga penataan patung di Taman Bung Karno senilai Rp 1,4 Miliar.

"Penataan di Taman Bung Karno ini rencananya selesai 16 Desember 2022 sesuai dengan kontrak proyek," imbuhnya.

Patung Bung Karno saat masih berada di Bundaran Kediri, Tabanan, Bali - IST

Pemindahan patung Sang Proklamator Kemerdekaan Indonesia ini dikerjakan langsung oleh tim dari maestro patung I Nyoman Nuarta pada Kamis, 8 September 2022 pukul 12 malam. Selanjutnya patung dibawa menuju taman Bung Karno untuk disimpan, sebelum dilakukan pemasangan kembali sesuai desain yang telah dibuat.

"Setelah patung ini dipindahkan, pada lokasi awal atau di bundaran Kediri akan kembali dibangun kembali patung Wisnu Murti sesuai permintaan dari warga sendiri. Target selesainya juga berbarengan dengan rampungnya penataan kembali patung Bung Karno," imbuhnya.

Patung Bung Karno yang berbahan campuran logam tembaga dan kuningan tersebut merupakan karya I Nyoman Nuarta yang juga berasal dari Kabupaten Tabanan.  Maestro patung ini juga dikenal berkat karya-karya hebat lainnya, seperti patung Garuda Wisnu Kencana dan mendesain Istana Negara di calon Ibukota Baru Indonesia.

Pada saat pertama ditempatkan pada 10 tahun silam, sebenarnya sudah ada protes dari masyarakat karena di lokasi Bundaran Kediri, Tabanan, Bali sudah ada patung Wisnu Murti yang dibanggakan warga setempat. Namun, Pemerintah Kabupaten Tabanan saat itu tetap bersikukuh menggunakan lokasi tersebut.

Sumber: kumparan
Foto: Patung Bung Karno dalam posisi duduk yang akan ditempatkan di Taman Kota Tabanan, Bali - IST
Hentikan Kontroversi, Patung Bung Karno di Tabanan Akhirnya Pindah Lokasi Hentikan Kontroversi, Patung Bung Karno di Tabanan Akhirnya Pindah Lokasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar