Breaking News

Habib Luthfi bin Yahya di Mata Habib Bahar bin Smith: Beliau Ulama Besar, tapi Kita Beda Cara


Habib Lutfhi bin Yahya, ulama kharismatik dari Pekalongan, Jawa Tengah, menjadi trending di Twitter. Hingga Senin (20/8) siang, ada 2.930 cuitan tentang Habib Luthfi. 
 
Habib Luthfi bin Yahya yang juga anggota Wantimpres itu, menjadi trending karena bersama Presiden Jokowi membuka Kirab Merah Putih.
 
"Dengan adanya kirab merah putih hari ini, untuk menguak, mengembalikan, menambah kecintaan kita kepada bangsa dengan dasar Ketuhanan yang Maha Esa," kata Habib Luthfi bin Yahya, dikutip Hops.ID dari kanal YouTube NU Channel, 29 Agustus 2022.
 
"Apabila kecintaan tanah air kita semakin kuat, kita akan tahu, hebatnya kehormatan bangsa, harga diri bangsa, jati diri bangsa, semoga ini terukir di lubuk hati semua, lebih jauh untuk memiliki Indonesia," katanya.
 
Dia juga mengajak masyarakat untuk mendalami falsafah bendera merah putih yang di dalamnya terdapat kehormatan, harga diri, dan jati diri bangsa.
 
"Maka apabila cinta Tanah Air ini semakin melekat, semakin kuat, kita akan tahu hebatnya kehormatan bangsa, harga diri bangsa, jati diri bangsa," ujar Habib Luthfi menambahkan.
 
Atas diselenggarakannya Kirab Merah Putih ini, warganet pun mengungkapkan kekagumannya.
 
"Inilah imam besar yang sesungguhnya, yang layak dijadikan panutan," katanya salah satu warganet.

Ia juga menyertakan gambar Habib Luthfi bin Yahya yang berjalan di antara Jokowi dan Kapolri. Habib Luthfi nampak memakai baju putih dengan sorban merah sesuai dengan tema acara. 
 
"The real leader of islamic society of Indonesia," komentar yang lainnya.
 
"Hubbul wathon minal iman" (cinta tanah air adalah sebagian dari iman)," tulis warganet lain.
 
Habib Luthfi bin Yahya memang dikenal sebagai ulama yang moderat, dan dekat dengan Jokowi.  Ucapannya selalu adem dan menyejukkan. Habib Luthfi menganggap bahwa agama dan negara adalah dua hal yang saling melengkapi. 
 
Meski demikian, beberapa kalangan memiliki pandangan yang berbeda dengan Habib Luthfi bin Yahya. Salah satunya, Habib Bahar bin Smith. 
 
Jika Habib Luthfi dikenal dekat dengan Jokowi, sebaliknya, Habib Bahar bin Smith memiliki sikap kritis terhadap pemerintah. Meski demikian, terhadap Habib Luthfi, Habib Bahar punya pandangan tersendiri.
 
"Al Habib Luthfi bin Yahya beliau orang alim, beliau ulama besar. Beliau memang ada beberapa thoriqoh," ungkapnya.
 
"Tetapi yang paling kuat thariqah naqsabandiyah. Tetapi, ya seperti tadi yang saya bilang, Habib Lutfhi ya dengan cara beliau," terangnya, sebagaimana dikutip dari kanal Youtube Refly Harun.

“Kita, saya, Habib Rizieq, Habib Anis, berdakwah dengan cara masing-masing. Sama-sama berdakwah, tetapi dengan satu tujuan yang sama," lanjut Habib Bahar.
 
"Kita sama-sama menghidupkan Islam, bukan mencari hidup dari Islam. Menghidupkan dakwah, bukan mencari hidup dari dakwah. Menghidupkan negara, bukan cari hidup dari negara," ujarnya lagi.
 
"Beliau ulama, saya akui. Beliau sesepuh para habaib. Tetapi ya seperti itu. Sebenarnya yang di atas-atas ini saling menghormati. Beliau orang alim, beliau ulama besar," pungkasnya.***

Sumber: hops
Foto: Habib Bahar bin Smith dan Habib Luthfi bin Yahya/Net
Habib Luthfi bin Yahya di Mata Habib Bahar bin Smith: Beliau Ulama Besar, tapi Kita Beda Cara Habib Luthfi bin Yahya di Mata Habib Bahar bin Smith: Beliau Ulama Besar, tapi Kita Beda Cara Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar