Breaking News

Beredar Foto Soekarno, Jenderal Soedirman, dan Diduga Ayahanda Habib Rizieq, Begini Faktanya


Sebuah foto yang menampilkan sosok Presiden pertama RI, Soekarno dan Jenderal Soedirman tengah bersama seorang pria tengah jadi pembicaraan publik di media sosial. Pasalnya, pria ketiga ini disebut-sebut sebagai ayah dari bekas Pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab.

Narasi dalam foto tersebut mengklaim bahwa sejarah ini sengaja ditutupi pemerintah Belanda karena khawatir umat Islam bersatu.

Berdasarkan penelusuran Tim Jala Hoaks Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, informasi tersebut dipastikan 100 tidak benar alias hoax.

Faktanya, foto yang beredar diambil pada tahun 1948, kala itu Presiden Soekarno dengan Panglima Besar Jenderal Soedirman tengah meninjau pembangunan di Magelang.

"Sosok pria yang berada di antara kedua tokoh revolusioner bangsa itu adalah Muhammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India untuk Indonesia," begitu informasi yang dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Selasa (2/8).

Dengan demikian dapat disimpulkan, foto yang disebut ayahanda Habib Rizieq Shihab dengan Presiden Soekarno dan Panglima Besar Soedirman tidaklah benar.

"Informasi ini masuk dalam kategori Konteks yang Salah (false context)," demikian Tim Jala Hoaks. 

Sumber: rmol
Foto: Foto Presiden Soekarno dan Jenderal Soedirman dengan seorang pria yang sempat disebut sebagai ayah Habib Rizieq Shihab/Repro
Beredar Foto Soekarno, Jenderal Soedirman, dan Diduga Ayahanda Habib Rizieq, Begini Faktanya Beredar Foto Soekarno, Jenderal Soedirman, dan Diduga Ayahanda Habib Rizieq, Begini Faktanya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar