Breaking News

Bantah Pernyataan Luhut Soal Jebakan Utang di Proyek KCJB, Said Didu: Ada Jaminan Pemerintah dan itu Jelas Terjadi


Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menyoroti pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait bantahan adanya jebakan utang alias hidden debt di proyek infrastruktur Cina, termasuk di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Hal itu ditanggapi oleh Said Didu melalui akun Twitter pribadi miliknya. Dalam cuitannya, Said Didu mengatakan bahwa hiddent debt yang dibantah oleh Luhut Binsar seakan dimanipulatif dengan businness to business alias antar perusahaan bukan antar pemerintah.

Said Didu menyebutkan bahwa adanya jamninan dari pemerintah soal hidden debt tersebut.

"Hidden debt itu adalah utang yg dibuat seakan B to B tapi terdapat jaminan pemerintah baik langsung maupun tidak langsung," ungkap Said Didu melalui akun Twitter pribadi miliknya, dikutip Jumat (5/8).

Kemudian, Said Didu juga memberikan tanggapannya bahwa soal hidden debt tersebut justru ada pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Dan itu jelas terjadi di proyek Kereta Api Cepat," ucap Said Didu.

Sementara itu, Luhut Binsar menekankan bahwa semua pinjaman yang dilakukan untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung guna kebutuhan produktif.

Luhut Binsar bahkan menantang orang yang menyebut soal pinjaman tersebut masuk dalam hidden debt.

"Itu adalah utang produktif. Ada yang bilang hidden debt. Itu yang bilang hidden debt saya text, kau datang kemari tunjukin hidden debt-nya di mana. Wong saya yang nangani kok. Hidden debt kalau dibilang G to G, ini tidak ada. Itu B to B," tutur Luhut Binsar.

Tak hanya membatah hal tersebut, Luhut Binsar mengaku bahwa memang ada pembengkakan biaya. Akan tetapi itu tidak menjadi masalah lagi lantaran semua sudah diselesaikan.

Di samping itu juga Luhut Binsa menegaskan bahwa proyek tersebut sudah berjalan kembali dan segera bisa dicoba di bulan November 2022.

"Bahwa ada overrun cost, ya it happens, tapi nggak perlu cari salah siapa tapi sudah selesai. Tertunda berapa bulan pembangunnya kereta api cepat Jakarta Bandung, itu akan dimulai dan make test bulan November tahun ini," imbuh Luhut Binsar.

Sumber: fajar
Foto: Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu/Net
Bantah Pernyataan Luhut Soal Jebakan Utang di Proyek KCJB, Said Didu: Ada Jaminan Pemerintah dan itu Jelas Terjadi Bantah Pernyataan Luhut Soal Jebakan Utang di Proyek KCJB, Said Didu: Ada Jaminan Pemerintah dan itu Jelas Terjadi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar