Breaking News

Sri Mulyani Bilang Banyak Negara Terancam Tak Bisa Bayar Utang Tahun Depan


Ancaman gagal bayar utang bukan hanya terjadi di negara miskin. Tingkat utang negara menegah bahkan maju juga terancam meningkat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan ancaman kenaikan utang di negara menengah dan maju. Dia mengungkapkan saat membuka pertemuan ketiga menteri keuangan dan bank sentral. Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Nusa Dua.

Ancaman kenaikan utang ini dipicu oleh perang antara Rusia dan Ukraina. Perang, kata Sri Mulyani, telah memicu kenaikan inflasi secara global dan harga komoditas. Hal ini berdampak pada kenaikan utang di banyak negara.

"Jadi perang ini memberikan tekanan tiga kali lipat, pergeseran harga komoditas dan peningkatan inflasi global, juga dapat berimbas pada limpahan utang yang nyata, tidak hanya untuk negara-negara berpenghasilan rendah, tetapi juga di negara-negara berpenghasilan menengah atau bahkan negara maju," ujar Sri Mulyani, Jumat (15/7/2022).

Dalam catatan Sri Muluyani, 60% negara miskin terancam bangkrut. Sementara negara berkembang memiliki kemungkinan tak bisa membayar utang di tahun depan.

"Sekitar 60% dari negara-negara berpenghasilan rendah sudah atau hampir bangkrut. Sementara banyak negara berkembang mungkin tidak dapat memenuhi pembayaran utang selama tahun depan," imbuhnya.

Dia menilai, ancaman kenaikan utang ini harus segera diantisipasi karena tidak hanya terjadi di satu dua negara.

"Ini menjadi meluas ini menjadi masalah yang perlu menjadi perhatian menteri keuangan dan gubernur bank sentral bersama dengan organisasi internasional lembaga multilateral," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini negara yang tengah menghadapi gagal bayar adalah Sri Lanka. Ekonomi Sri Lanka bangkrut akan dibahas dalam pertemuan ketiga Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20. Sebagaimana diketahui, ekonomi Sri Lanka bangkut dan Presidenya Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri. Sri Lanka pun tercatat memiliki utang sebesar Rp748 triliun.

Sumber: okezone
Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net
Sri Mulyani Bilang Banyak Negara Terancam Tak Bisa Bayar Utang Tahun Depan Sri Mulyani Bilang Banyak Negara Terancam Tak Bisa Bayar Utang Tahun Depan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar