Breaking News

PPIK Selenggarakan Nobar Film Dokumenter Kunjungan Kim Il Sung, Tunjukan Persahabatan Korut-Indonesia


Perhimpunan Persahabatan Indonesia - Korea (PPIK) gelar acara nonton film dokumenter bersama pada Sabtu(9/7) lewat aplikasi Zoom Meeting. Film ini diharapkan bisa membuka perspektif baru bagi generasi muda tentang sejarah persahabatan Korea dan Indonesia.

Film Dokumenter ini mengisahkan tentang kunjungan Presiden Republik Rakyat Demokratik Korea(RRDK) Kim II Sung ke Indonesia pada tahun 1965.

Dua pemimpin pertama dari kedua negara ini bersahabat dekat sejak awal kemerdekaan masing-masing.

Dalam film dokumenter tersebut, Kim II Sung tidak berhenti lemparkan senyuman yang ceria saat menetap di Indonesia. Masyarakat Indonesia pun berjejer menyambut hangat kedatangan pemimpin Korea Utara tersebut.

Mereka berdua mengangkat gelas untuk rayakan reunifikasi antar Korea Utara dan Indonesia. Kunjungan ini banyak membahas mengenai isu internasional dan kerja sama antar negara. Kedua pemimpin ini juga sepakat untuk terus memperjuangkan anti imperialisme dan anti kolonialisme. Pemimpin Korut tersebut juga menganggap bahwa Indonesia merupakan negara yang heroik karena berhasil mengalahkan Jepang.

Kim II Sung, yang merupakan kakek dari Kim Jong Un sempat rayakan ulang tahun pada 15 April 1965 di Indonesia. Ia menerima banyak hadiah, khususnya dari Sukarno saat mereka berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor, Kim II Sung seketika takjub melihat bungga anggrek berwarna ungu yang belum pernah ditemuinya itu, lantas Sukarno memberi bunga anggrek tersebut dan menamakannya sebagai bunga Kimilsungia, yang diambil dari kata Kim II Sung dan Indonesia.

Hingga kini, bunga tersebut menjadi bunga nasional Korea Utara, bunga yang menggambarkan persahabatan abadi antara Kim Sung dan Sukarno.

Akhir dari narasi film dokumenter tersebut, Indonesia dianggap meninggalkan kesan yang mendalam bagi Korea Utara. 

Sumber: rmol
Foto: Presiden Sukarno menghadiahkan anggrek Kimilsungia kepada Pemimpin Korea Utara, Kim Il Sung di Kebun Raya Bogor/Kedutaan Republik Demokratik Korea
PPIK Selenggarakan Nobar Film Dokumenter Kunjungan Kim Il Sung, Tunjukan Persahabatan Korut-Indonesia PPIK Selenggarakan Nobar Film Dokumenter Kunjungan Kim Il Sung, Tunjukan Persahabatan Korut-Indonesia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar